PROMO JANUARI 2017

Seragam Batik Guru dan Rekomendasi Motifnya



Seragam batik guru tentu tidak boleh sembaragan dalam pemilihan motifnya. Pertama-tama Anda harus mengetahui makna dari semua motif batik. Kemudian pilihnya motif batik yang memiliki makna atau filosofi baik untuk profesi guru.

Sebelum memutuskan untuk membuat seragam batik guru, yuk sebelumnya ketahui beberapa motif yang bisa dijadikan rekomendasinya :

Motif Batik Sekar jagad

Motif batik ini berasal dari Yogjakarta dan memiliki arti keindahan yang membuat orang terpesona saat melihatnya. Motif batik sekar jagad juga ada yang menyebutnya sebagai peta dunia karena motifnya memberntuk seperti pulau-pulau.

Motif Batik Parang Rusak

Anda pasti sudah sering melihat motif batik ini. Yup, motif batik berbentuk parang rusak di mana mengartikan pertarungan antara manusia yang melawan kejahatan. Pertarungan ini dilakukan dengan mengendalikan diri dari segala hal buruk sehingga pemakainya bisa menjadi bijaksana dan mulia. Motif batik ini tentu sangat cocok dikenakan untuk seragam batik guru bukan?

Motif Batik Sido Luhur

Motif batik ini sebenarnya umum dipakai oleh pengantin saat malam pengantin. Namun motif batik ini juga bisa dipakai saat kegiatan lainnya, termasuk untuk seragam guru.

Motif sidoluhur memiliki arti di mana berupa harapan agar orang yang memakainya bisa mencapai kedudukan lebh tinggi. Agar seseorang yang memakainya ini bisa menjadi panutan dalam masyarakat. Dilihat dari maknanya, tentu motif batik ini cocok dijadikan seragam batik guru.

Motif Batik Tambal

Motif batik ini memiliki arti memperbaiki sesuatu yang rusak. Bahkan pada jaman dahulu, menurut kepercayaan jika ada yang sakit maka diselimuti dengan batik motif tambal ini dan orang yang sakit itu bisa sembuh.
Selain bentuk motifnya unik, tentu bisa sangat cantik digunakan sebagai bahan seragam guru.

Motif Batik Keraton

Motif batik satu ini terlihat sangat cantik dan elegan. Tidak heran jika jaman dahulu orang yang boleh memakai batik motif ini hanya Sultan dan keluarganya saja. Namun kini semua orang boleh menggunakan batik motif keraton ini.

Sebenarnya motif batik keraton ini dibuat oleh putri-putri keraton dan para ahli pembatik yang ada di keraton. Motif batik ini memiliki arti kehidupan. Maknanya sangat dalam dan motifnya pun sangat cantik, cocok bukan dijadikan sebagai pilihan seragam batik seorang guru?

Motif Batik Pekalongan

Disebut motif batik pekalongan karena dibuat di kota Pekalongan. Motif batik ini rata-rata didominasi bentuk faunda dan motif tumbuh-tumbuhan. Motifnya cantik dan cocok digunakan oleh pria maupun wanita.

Motif Batik Tujuh Rupa

Masih berasal dari Pekalongan, motif batik ini menampilkan bentuk motif bergambar hewan dan tumbuhan. Warnanya didominasi hitam dan juga warna-warni bunga.

Motif batik tujuh rupa ini terpengaruh dari kebudayaan lokal dan etnis Cina. Adapun motif batik Pekalongan lainnya, yaitu motif buketan, motif terang bulan, motif semen, motif pisan bali dan motif lung-lungan.

Motif Batik Sogan (Solo)

Memiliki ciri khas didominasi warna cokelat muda dan motif bunga dengan aksen titik-titik atau lengkungan garis. Dulu, motif batik ini digunakan oleh Raja di Jawa khususnya di Keraton Kesultanan Solo. Namun kini motif batik ini bisa digunakan oleh semua orang.

Motif Batik Gentongan

Batik ini berasal dari Madura dengan bentuk motifnya yang abstrak sederhana. Adapun motif berbentuk tanaman dan juga kombinasi keduanya. Jika Anda mencari batik dengan warna cerah, maka batik motif ini bisa jadi pilihan.

Batik Gentongan terdiri dari warna merah, kuning, hijau dan ungu. Kenapa batik ini disebut gentongan? Karena kain batik ini dicelup di gentong atau gerabah.

Bagaimana? Cukup banyak bukan motif batik yang bisa digunakan untuk membuat seragam batik guru? Selamat mencari motif batik yang sesuai dengan selera dan kepentingan Anda.

baca juga >> seragam net tv

0 Response to "Seragam Batik Guru dan Rekomendasi Motifnya"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Jam Tangan Couple