Toko online tidak jauh
berbeda seperti toko offline. Tetapi ada perbedaan mencolok, toko online perlu
dipromosikan/dioptimasi agar calon konsumen berdatangan. Toko offline juga
perlu dipromosikan, tetapi promosinya tidak perlu terlalu gencar kalau lokasi
tokonya sudah strategis.
Lalu bagaimana cara
optimasi toko online dengan praktis? Bagi kamu yang mengelola toko online,
apakah kalian bekerja dengan siklus seperti ini?
- Orderan minim,
padahal setiap chat dari calon konsumen sudah rajin dibalas.
- Punya toko online, tetapi
sepi pengunjung.
- Sibuk mengecek
status pembayaran, tetapi tidak seperti yang diharapkan.
- Tidak memiliki
database calon atau konsumen.
- Merasa kerja sudah
pol-polan, tetapi omzet tetap minim.
Atau beriklan dengan
coba-coba karena tidak punya data semisal:
- Jumlah pengunjung
setiap harinya.
- Jumlah produk yang
terjual beserta rinciannya.
- Profil pembeli atau
calon konsumen.
- Waktu yang tepat
untuk mengeluarkan iklan.
- Cara beriklan yang
ampuh.
Kamu mungkin merasa
orderan semakin melambat seiring waktu yang berjalan dengan begitu cepatnya. Punya
keinginan untuk merubahnya tetapi sulit untuk menemukan kesalahan yang
dilakukan.
Jika sulit menemukan
apa yang salah, lebih mudah dengan perbaiki keahlian dan senjata jualan kamu. Apalagi
jika menyadari kamu mengalami gejala tadi, satu atau lebih. Sebaiknya segera
lakukan beberapa saran di bawah ini.
- Buatlah toko online nyaman untuk dikunjungi. Tata sedemikian mungkin agar pengunjung bisa mudah dan betah untuk mencari produk yang mereka butuhkan di toko online kita.
- Sering-seringlah membaca serta menganalisa data terkait produk atau konsumen sasaran. Cari trend atau produk yang sesuai dengan selera konsumen, pahami perilaku konsumen dalam membeli produk.
- Lakukan otomatisasi media sosial dan responden otomatis.
- Sudah saatnya untuk mulai membangun dan mengelola database pelanggan. Minimal mengetahui nama, usia, tempat tinggal dan status ekonominya.
- Manfaatkan sumber trafik yang tepat agar bisa menarik calon pembeli sebanyak mungkin.
- Pahami bisnis model, partnership dan investor.
- Berguru kepada pebisnis online yang sudah sukses duluan, ikuti pola yang mereka lakukan dengan sedikit penyesuaian.
Cara terakhir menurut
saya paling mudah untuk dilakukan. Tinggal mengikuti pola yang terbukti membawa
kita pada kesuksesan lewat berjualan online. Tetapi jangan terpaku, lakukan
inovasi-inovasi agar hasilnya makin maksimal. Selamat berjualan :)
0 Response to "Membuat Optimasi Toko Online Secara Praktis"
Post a Comment
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :)