Wanita merupakan target pasar
potensial dalam dunia pemasaran. Wanita adalah konsumen yang berpengaruh.
Sekitar 97% keputusan pembelian dipengaruhi oleh wanita. Seperti belanja
makanan, kebutuhan peralatan rumah tangga dan pakaian didominasi oleh
‘kekuasaan’ wanita.
Wanita masa kini tidak hanya
berperan sebagai ibu rumah tangga saja, tetapi juga sebagai wanita karir dan
pengusaha. Jumlah wanita yang bekerja lumayan banyak, terjun baik di sektor industri
maupun panggung politik. Ada lebih dari satu miliar wanita yang diperkirakan
bekerja. Saat ini kemudahan berbisnis secara online melalui internet membuat
wanita bisa merintis usahanya sendiri.
Wanita cenderung lebih konsumtif
dibandingkan dengan kaum pria. Meskipun demikian mereka teliti dan
membelanjakan uangnya untuk keperluan yang benar-benar dibutuhkan, terutama
wanita yang sudah menikah. Ibu rumah tangga relatif fokus pada bidang
pendidikan dan kesehatan. Wanita suka berinteraksi dan membentuk komunitas,
sehingga menjadi target pasar yang menjanjikan.
Banyak yang bilang wanita mudah
tertarik dengan benda-benda yang unik dan gemar berbelanja. Hasrat yang muncul
ketika ingin membeli suatu produk terkadang bukan karena kebutuhan, tetapi
karena suka semata.
Banyak faktor yang membuat wanita
tertarik atau menyukai suatu produk. Misalnya bentuk yang unik dan lucu, harga
murah, diskon, gratis dan saran dari teman. Seringkali wanita membeli produk
yang sebenarnya tidak ingin dibeli. Meskipun demikian, wanita akan selektif
mengenai harga suatu produk. Faktor harga menjadi pertimbangan pertama dan
utama ketika memilih produk.
Pengusaha yang menawarkan produk kepada
target pasar wanita harus memiliki banyak strategi untuk menarik perhatian
mereka. Pengecualian untuk dunia fashion, relatif lebih mudah. Ada beberapa tips
atau strategi promosi yang sering dilakukan oleh para pengusaha untuk menjual
produknya kepada target pasar wanita.
GRATIS UJI COBA. Free trial terutama
bagi usaha yang baru launching menjadi
cara yang efektif untuk menarik perhatian. Misalnya mencoba produk kecantikan
secara gratis atau voucher makan gratis satu kali bagi mahasiswi dengan
menunjukkan kartu identitas.
GRATIS. Siapa yang tidak tertarik melihat atau mendengar kata
GRATIS? Terutama kaum wanita akan sangat tertarik dan langsung memburunya. Misalnya
dengan membeli beberapa produk tertentu, konsumen bisa mendapatkan gratis
produk yang lain.
DISKON. Wanita dan diskon seakan tidak bisa dipisahkan. Promo
potongan harga bisa dilakukan pada momen-momen khusus, seperti awal bulan dan
hari raya tertentu.
Strategi lainnya bisa menggunakan
strategi voucher, bonus, hadiah, promo terbatas dan promo paket. Strategi ini
tergolong sangat efektif jika dicocokan dengan fakta berikut ini.
Banyak yang bilang wanita punya
hobi belanja, naluri belanjanya besar. Mungkin ini ada benarnya. Secara ilmiah,
menurut peneliti di University of Michigan, belanja menjadi terapi untuk
menurunkan stres dan membuat bahagia. Kegiatan membeli sesuatu, 40 kali lebih
efektif membuat bahagia dibandingkan hanya melihat-lihat saja.
Penelitian lainnya memaparkan
bahwa orang yang berbelanja saat mood dalam
kondisi buruk, berbelanja lebih banyak dari biasanya. Sebanyak 62% di antaranya
mengaku untuk menghibur diri.
0 Response to "Strategi Membidik Target Pasar Wanita dalam Menjual Produk"
Post a Comment
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :)