PROMO JANUARI 2017

Penjualan Online atau Offline? Distribusi dan Promosi Online atau Offline? Pilih Mana

Masih memikirkan lebih bagus mana antara bisnis online atau offline? Atau masih penasaran siapa yang ‘menang’ bisnis online vs bisnis offline? Masih mencari pengertian penjualan offline dan online? Sebaiknya baca artikel ini untuk mengetahui bagaimana cara pemasaran yang tepat untuk bisnis Muslimpreneur.

Penjualan Online atau Offline Distribusi dan Promosi Online atau Offline Pilih Mana webtrekk.com lisubisnis.com bisnis muslim.com lisubisnis.com bisnis muslim
sumber: webtrekk.com

Ada kalanya suatu produk tidak bisa dikirim atau dipaketkan ke konsumen karena beberapa hal tertentu. Lalu perlukah dipromosikan online juga? jawabannya bisa didapatkan setelah memahami saluran distribusi dan saluran promosi.

Saluran distribusi
Saluran distribusi adalah tempat atau jalur yang digunakan produsen untuk menyalurkan produknya ke konsumen. Kita bisa membagi saluran distribusi menjadi dua kelompok, yaitu distribusi offline dan distribusi online.

1. Distribusi Offline
Pemilihan distribusi produk ditentukan berdasarkan jenis produk yang ditawarkan. Jika produk bersifat tidak tahan lama, atau ada sebab lain yang mengakibatkan produk tidak bisa dikirimkan melalui paket sehingga terbatas hanya di dalam kota saja, maka distribusi offline menjadi pilihan yang bijak. Contohnya produk kue kukus/basah, ubi oven, dan makanan basah lainnya.

Beberapa jenis produk, ada yang lebih cocok untuk didistribusikan secara offline dibandingkan online. Misalnya adalah produk tahan lama yang bisa dicoba terlebih dahulu. Sebagai pria, saya lebih memilih untuk membeli sepatu secara langsung (datang ke toko agar bisa mencobanya). Kebanyakan pria saya yakin lebih mengutamakan kenyamanan saat dipakai jika menyangkut sepatu.

Ini menjadi kelebihan pemasaran offline, yaitu kelebihan penjualan offline saat penjual bisa melakukan persuasi lebih mendalam kepada calon konsumen. Konsumen pun mersa yakin karena produk yang diinginkan ada di depan mata. Dengan demikian presentase closing bisa lebih besar.

Berbeda halnya dengan sepatu wanita, didistribusikan online maupun offline sama-sama cocok. Kebanyakan wanita menurut Om Jaya lebih mementingkan gaya, rela menahan rasa tidak nyaman dengan sepatu barunya.

Jadi, selain jenis produk, perilaku konsumen (target pasar) juga menjadi pertimbangan dalam memilih jalur distribusi produk. Meskipun target pasar masih bisa diedukasi.

2. Distribusi Online
Kebalikan dari distribusi offline, produk tahan lama yang bisa dikirimkan lewat paket cocok untuk didistribusikan online. Contohnya kue kering, barang elektronik, jam tangan, dan kebanyakan produk tidak cepat basi bisa dikirimkan.

Kelemahan penjualan online terletak pada keterbatasan indera, oleh karena itu foto produk yang menarik, deskripsi lengkap produk dan testimoni atau review dari konsumen lainnya sangat diperlukan. Hal ini dimaksudkan agar calon pembeli memperoleh informasi yang lengkap dan meminimalisasi keraguan.

Saluran promosi
Saluran promosi adalah media yang dipakai untuk menawarkan produk kepada konsumen atau target pasar.

Pertimbangan dalam pemilihan saluran promosi adalah target pasar dan tempat mereka berada. Jadi tidak selalu jika produk menggunakan distribusi offline, maka saluran promosi pun offline juga. Tempat target pasar berada tidak selalu berupa lokasi fisik / offline, saat ini website, media sosial, aplikasi chat, dan media online lainnya menjadi tempat target pasar berada.

Angka Pengguna Internet Indonesia : 88,1 juta (data: APJI 2016)
Rata-rata akses dari PC/Tablet
:
4 jam 42 menit /hari
Rata-rata akses dari smartphone
:
3 jam 33 menit /hari
Rata-rata durasi menonton TV
:
2 jam 22 menit /hari
(Sumber: Global Webindex)

Jika target pasar adalah pengakses internet, kamu pasti tahu harus beriklan di mana. Jika bukan pengguna internet, maka saluran promosi offline atau konvensional bisa digunakan, seperti brosur, spanduk, megatron, media cetak sampai televisi lokal. Kelebihan pemasaran online saat ini adalah lebih murah dan terukur, sehingga menjadi pilihan utama pebisnis.

Saluran distribusi dan promosi ganda seringkali diterapkan oleh para pengusaha. Misalnya produk yang memerlukan outlet seperti rumah makan, fried chicken, baso, nasi goreng, kebab dan sebagainya. Apalagi jika lokasinya strategis, seperti di tempat wisata.

Jika outletnya masih satu dua, promosi offline menjadi pilihan terbaik dan utama dengan kombinasi promosi di media sosial. Gunakan media promosi seperti spanduk atau brosur karena distribusi masih terbatas jarak.

Lain lagi jika konsep bisnisnya franchise atau memiliki berbagai cabang outlet di beberapa kota besar, maka distribusi dan promosi offline dan online harus dikombinasikan semaksimal mungkin. Tujuannya untuk menjangkau target pasar seluas mungkin.

*referensi tulisan Om Jaya Setiabudi

0 Response to "Penjualan Online atau Offline? Distribusi dan Promosi Online atau Offline? Pilih Mana"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Jam Tangan Couple