PROMO JANUARI 2017

Penipuan Rekrutmen Karyawan Mengatasnamakan BUMN PERUM PERURI : STOP BISNIS HARAM !!!

Tag: pengumuman peruri 2016, karir peruri, rekrutmen peruri, loker peruri

Ketatnya persaingan untuk mendapatkan pekerjaan dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab demi meraup keuntungan. Para pencari kerja menjadi sasaran empuk pelaku modus penipuan yang mengatasnamakan perusahaan. Seperti penipuan rekrutmen mengatasnamakan salah satu BUMN, yaitu PERUM PERURI (Percetakan Uang RI) yang terjadi beberapa kali di tahun 2016.

Penipuan seperti ini sebenarnya sudah berlangsung dalam beberapa tahun belakangan. Salah satu kasus dialami Surya Abadi (23), korban penipuan berkedok rektrutmen PERUM PERURI 2016 asal Medan pada Februari 2016.

Penipuan Rekrutmen Karyawan Mengatasnamakan BUMN PERUM PERURI  STOP BISNIS HARAM lisubisnis.com bisnis muslim
Surya Abadi asal Medan menjadi korban penipuan penerimaan karyawan

Surya menerima SMS berisi informasi lowongan kerja perekrutan karyawan di Perum Peruri. Dia diminta membuka situs www.recruitment-perumperuri.com dan mengisi aplikasi pendaftaran.

Dua minggu setelah itu, Surya mendapat SMS kalau dia diterima dan harus mengikuti ujian di Jakarta. Tanpa curiga, korban langsung mentransfer uang sebesar Rp 3,5 juta ke rekening seseorang yang mengaku dari divisi personalia PERURI pada 3 Maret 2016. Pelaku bahkan kembali meminta uang Rp 3 juta dengan alasan biaya akomodasi.

Korban kembali mendapat pesan singkat untuk mengikuti ujian di kantor PERUM PERURI di Jakarta. Tiket pesawat bisa diambil saat keberangkatan. Korban sadar sudah ditipu setelah di bandara mendapat informasi bahwa tiket pesawatnya belum dibayar oleh pihak PT. Travindo Tour & Travel dari HRD yang mengaku dari BUMN PERUM PERURI.

Penipuan Rekrutmen Karyawan Mengatasnamakan BUMN PERUM PERURI  STOP BISNIS HARAM lisubisnis.com bisnis muslim
Website penipuan : http://www.recruitment-perumperuri.com dan http://www.ppm-peruri.com

Terjadi lagi
Pada Desember 2016 kasus ini kembali terjadi. Tersebar pengumuman recruitment PERUM PERURI di beberapa website penyedia informasi lowongan kerja. Calon pelamar diminta membuka website palsu http://www.ppm-peruri.com dan melakukan pendaftaran di sana.

Pelamar yang mengisi aplikasi lamaran kemudian mendapat SMS dan email yang mengaku dari Manager SDM untuk melakukan tes tahap 2 di Surabaya. Transportasi dan akomodasi peserta diminta untuk menghubungi PT. Travindo Tour and Travel dan harus membayar dulu segala biayanya (tiket PP dan penginapan untuk nanti diganti setelah tes selesai).

Ini nomor ponsel oknum penipu yang dimaksud:
Manager SDM PERURI - 0852 1259 4545
Travindo Tour Travel Dirwansyah, SE - 0852 7564 6777

Klarifikasi resmi PERURI
Berdasarkan keterangan resmi dalam situs web www.peruri.co.id, PERURI menyatakan tidak pernah memungut biaya apapun, baik biaya transportasi, akomodasi, biaya tes, atau biaya lain dalam proses penerimaan karyawan.

Penipuan Rekrutmen Karyawan Mengatasnamakan BUMN PERUM PERURI  STOP BISNIS HARAM lisubisnis.com bisnis muslim Penipuan Rekrutmen Karyawan Mengatasnamakan BUMN PERUM PERURI  STOP BISNIS HARAM lisubisnis.com bisnis muslim

Penipuan Rekrutmen Karyawan Mengatasnamakan BUMN PERUM PERURI  STOP BISNIS HARAM lisubisnis.com bisnis muslim

Pengumuman terkait penerimaan karyawan PERURI dan hasil seleksi dipublikasikan melalui website resmi PERURI yaitu www.peruri.co.id atau website konsultan yang ditunjuk.

Kita harus berhati-hati dan mewaspadai adanya modus penipuan dalam proses penerimaan calon karyawan yang mengatasnamakan PERURI. Kirim pengaduan melalui email corcomm@peruri.co.id atau datang langsung ke Kantor Peruri Jl. Palatehan No. 4 Blok K-V, Jakarta Selatan 12160 Telepon 021-7395000 ext 1121.

Ini klarifikasi resmi Biro Komunikasi Perusahaan dari halaman website PERUM PERURI

Bisnis berkedok penipuan menurut Islam
Islam mengajarkan untuk menjemput rezeki dengan metode yang halal, sesuai syariat Islam. Kasus di atas adalah bukti bahwa ada saja pelaku bisnis berlaku tidak jujur, seringnya akal-akalan atau melakukan penipuan demi meraup untung yang banyak. Padahal kejujuran dapat meraih berkah, sedangkan menipu menjauhkan dari keberkahan pada harta.

Syaikh ‘Abdullah Al Fauzan berkata, “Pengelabuan atau akal-akalan pada sesuatu yang telah Allah haramkan menyebabkan murka dan laknat Allah. Orang yang melakukan akal-akalan itu berdosa disebabkan karena melakukan tipu daya terhadap Allah Ta’ala. Orang seperti ini telah menyerupai orang-orang Yahudi yang terkena murka Allah. Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk golongan mereka. Telah banyak bentuk akal-akalan di zaman ini, lebih-lebih dalam masalah jual beli. Itu bisa terjadi karena lemahnya iman dan kurangnya rasa takut pada Allah, juga karena meremehkan hukum syari’at. Ini pun disebabkan karena sudah terfitnah dengan dunia.” (Minhatul ‘Allam, 6: 17).

Perbuatan menipu untuk meraup keuntungan dari korban termasuk dosa besar. Sehingga dalam melakukan jual beli, seorang muslim harus memperhatikan ketentuan-ketentuan syari’at, hendaklah menjauhi muamalah dan usaha-usaha yang buruk yang diharamkan. Rasulullah melarang jual beli yang dilakukan dengan cara yang buruk, mendatangkan madharat (bahaya) bagi orang lain, serta mengambil harta seseorang dengan cara yang bathil.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang menipu, maka ia tidak termasuk golongan kami. Orang yang berbuat makar dan pengelabuan, tempatnya di neraka” (HR. Ibnu Hibban 2: 326. Hadits ini shahih sebagaimana kata Syaikh Al Albani dalam Ash Shahihah no. 1058).

Semoga Allah memberikan kepada setiap pelaku bisnis muslim sifat jujur. Serta menghindarkan kita dari bisnis yang haram seperti menipu.

Sebarkan informasi ini agar tidak banyak lagi korban penipuan. Semoga oknum penipu mendapatkan hidayah untuk tidak mengulangi perbuatannya dan segera beralih ke bisnis yang halal. Salam sukses 2 dunia.

Sumber : peruri.co.id, kompas.com, tribunnews.com, rumaysho.com, almanhaj.or.id

0 Response to "Penipuan Rekrutmen Karyawan Mengatasnamakan BUMN PERUM PERURI : STOP BISNIS HARAM !!!"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Jam Tangan Couple