Setiap pebisnis harus menentukan
harga jual produk sebagai nilai tukarnya, sebelum produk atau jasa siap untuk diedarkan
ke pasaran. Penentuan harga yang tepat menjadi salah satu strategi untuk
membuat produk laku keras di pasaran.
Salah satu cara meningkatkan daya
beli konsumen terhadap produk adalah menetapkan harga jual yang bersaing, tetapi
tidak membuat kita mengalami kerugian. Ada 3 cara untuk menentukan harga
jual produk yang tepat yang dibahas dalam artikel ini.
1. Metode Harga Biaya Plus
Tentukan harga jual produk dengan
cara menambahkan keuntungan yang diinginkan ke
harga produksi, lalu dibagi dengan jumlah barang yang dihasilkan.
Bisa
juga dengan menghitung harga pokok produksi (HPP) terlebih dahulu agar
diketahui harga dasar dari setiap unit produk. Kemudian menambahkannya dengan
persentase keuntungan yang diinginkan, apakah 20%, 30% dan seterusnya.
Dengan
cara ini, kita sudah bisa mengetahui keuntungan yang akan didapatkan, sehingga
tidak perlu ragu saat melakukan transaksi jual-beli.
2. Metode Pasar atau Pesaing
Lakukan
penelitian pada pasar yang akan dimasuki. Ketahui berapa harga jual pesaing
dengan produk yang serupa. Lalu kita dapat melakukan perhitungan dan penetapan
harga jual produk dengan tepat, apakah akan mengikuti harga yang sama dengan pesaing,
lebih rendah atau lebih tinggi.
Tapi,
selalu pastikan tidak merugi saat menetapkan harga jual dengan metode ini.
Sebenarnya melakukan perhitungan harga dasar produk sesuai metode yang pertama
perlu dilakukan terlebih dulu. Sebagai patokan agar menghindari kerugian.
3. Multiple Unit Pricing Method
Jika menawarkan
beragam jenis produk, penentuan harga jual bisa dilakukan dengan metode multiple unit pricing.
Multiple
Unit Pricing adalah cara menjual dengan memberlakukan harga lebih murah jika
konsumen membeli lebih dari 1 produk. Pengetahuan akan harga dasar atau harga
produksi juga sangat penting sebelum menentukan harga jual dengan metode ini.
Ada juga beberapa produk atau
jasa tertentu yang penentuan harga jualnya ‘semau’ sang pemilik. Hal ini
dikarenakan kemampuannya dalam menambahkan nilai jual produk, kualitas produk
yang benar-benar sangat bagus, kelangkaan (jumlahnya sedikit), menargetkan
pasar yang spesifik dan memposisikan merek secara unik di benak konsumen
(faktor gengsi).
Demikian beberapa cara untuk
menetapkan harga jual produk. Semoga bermanfaat bagi sobat muslim yang akan
meluncurkan produk atau jasa baru. Salam sukses dua dunia :)
0 Response to "3 Cara Mudah dan Tepat untuk Menentukan Harga Jual Produk atau Jasa"
Post a Comment
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :)