Penentuan target pasar potensial menjadi
hal krusial bagi pengusaha yang akan atau baru merintis bisnisnya. Berbeda
halnya dengan bisnis yang sudah berkembang dan berada dalam skala besar.
Pengusaha dituntut untuk lebih
teliti dan jeli dalam membidik target pasar sebagai calon konsumennya. Hal ini
didorong oleh ketatnya persaingan pasar dan banyaknya peluang usaha baru yang
muncul. Dengan demikian, sobat muslimpreneur bisa menentukan produk atau jasa yang
tepat untuk dipasarkan. Kualitas, keunggulan, harga, maupun pelayanan dari produk
atau jasa bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.
Apabila gagal menentukan target
pasar yang tepat, maka produk atau jasa tidak akan bisa diserap dengan maksimal
oleh konsumen. Kombinasi target pasar dengan produk yang tepat bisa
mendatangkan transaksi penjualan, sehingga sobat muslimpreneur bisa memperoleh
keuntungan yang maksimal.
Tips ini bisa membuat kita tidak
salah dalam membidik target pasar. Inilah cara membidik target pasar yang tepat
dengan bijak.
1. Kejelasan produk atau jasa yang ditawarkan
Pastikan produk atau jasa yang
dimiliki memungkinkan untuk diterima oleh target pasar. Munculkan aspek
keunggulan, nilai lebih, manfaat, kelemahan serta potensi dari produk atau jasa
yang ditawarkan, beserta keunikan atau inovasi yang tidak dimiliki oleh
kompetitor. Pastikan poin-poin tersebut bisa membuat produk diterima dengan
baik dan menjadi alasan target konsumen untuk membeli atau menggunakan produk
dan jasa kita.
Keunggulan yang menjadi pembeda
dengan produk sejenis harus bisa membuat brand
atau merek kita muncul di benak target pasar tujuan. Saat ini banyak bidang
usaha yang menawarkan produk serupa dengan konsep berbeda.
Hal ini berkaitan juga dengan product knowledge, kenali dulu produk
atau jasa sebelum memasarkannya. Saat mengetahui betul manfaat dari suatu
produk misalnya, kita akan lebih mudah untuk menawarkannya kepada target pasar.
2. Pilih satu target pasar spesifik
Fokuslah pada target pasar tertentu.
Banyak usaha yang gagal berkembang karena tidak mempunyai fokus pada target
pasar yang dibidik. Target pasar sangatlah luas, kita akan kesulitan jika
berusaha mengejar semua target pasar dengan selera, keinginan dan kebutuhan
yang beragam.
Tentukan satu target pasar yang
lebih spesifik untuk mengoptimalkan keunggulan produk dan memenangkan
persaingan pasar. Misalnya produk fashion baju batik yang akan kita pasarkan
membidik kalangan remaja wanita dengan status ekonomi menengah ke atas.
Optimalkan kualitas produk (bahan, motif dan model) sesuai dengan selera,
kebutuhan dan keinginan mereka. Harga sedikit lebih tinggi tidak masalah,
asalkan kualitasnya baik.
Mungkin beberapa pengusaha
mengklaim produknya bisa digunakan oleh semua kalangan, namun ini tentunya
terlalu luas. Semua kalangan bisa berarti mulai dari anak-anak sampai dewasa,
kalangan status ekonomi bawah sampai atas. Tidak semua produk anak-anak cocok
untuk kalangan dewasa, begitu pula sebaliknya. Bidik target pasar yang lebih
spesifik lagi, fokus pada satu kalangan saja agar bisa mengoptimalkan keunggulan
produknya dan mampu memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen yang dituju.
Strategi promosi yang dijalankan
pun bisa disesuaikan dengan target pasar spesifik yang dituju. Saat
memperkenalkan merek dari produk kita, pesan bisnis harus bisa menjangkau
mereka. Pesan yang jelas meliputi karakteristik produk yang ditawarkan dan
alasan mengapa konsumen harus memilikinya.
3. Kenali pangsa pasar
Pahami betul karakter, selera, kesukaan,
kebutuhan dan keinginan target pasar di lapangan untuk memenangkan persaingan
pasar. Sobat muslimpreneur bisa melakukan survey pasar terlebih dahulu untuk mengenali
pangsa pasar yang hendak dibidik. Lebih mudah lagi jika sebelumnya kita sudah
mengenali target pasar yang dituju.
Jika pangsa pasar kita adalah ibu
rumah tangga, maka kenali segala kebutuhan yang diperlukan oleh ibu rumah
tangga. Misalnya produk yang ditawarkan adalah alat untuk memasak, maka harus
disesuaikan alat masak seperti apa yang diinginan dan dibutuhan oleh ibu rumah
tangga yang menjadi target pasar.
Penentuan harga juga bisa lebih
mudah ketika kita sudah mengenali pasar tujuan. Jika ibu rumah tangga, tawarkan
produk bermanfaat dengan harga terjangkau tanpa mengurangi kualitasnya. Bisa
juga menawarkan produk dengan kemasan kecil harga terjangkau, daripada kemasan
besar dengan harga yang lebih mahal.
4. Utamakan target pasar yang terjangkau
Utamakanlah taget pasar yang
lebih mudah untuk dijangkau, seperti konsumen lokal misalnya. Sebelum melakukan
perluasan jangkauan pasar secara nasional maupun internasional. Dengan demikian
keuntungan bisa lebih besar karena ongkos transportasi atau distribusi bisa
lebih rendah.
Internet memang bisa memudahkan
para pengusaha untuk menjangkau pasar seluas mungkin dengan cara yang terbilang
mudah dan murah. Namun sebaiknya sabar menunggu sampai pasar lokal bisa
dikuasai terlebih dahulu.
Semoga tips ini bisa dipraktekkan
dan mendatangkan keuntungan maksimal bagi bisnis yang sobat muslimpreneur jalankan
saat ini. Salam sukses dua dunia :)
*dikutip dari berbagai sumber
0 Response to "4 Cara Membidik Target Pasar Potensial yang Tepat untuk Bisnis Anda"
Post a Comment
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :)