Bisnis Online Terpercaya, Bisnis
Online Terbaik - Bagi pelaku
usaha yang memasarkan produknya secara online, mereka harus bisa mendapatkan
kepercayaan dari calon pembeli. Konsumen yang berbelanja secara online tentu
akan memilih toko online atau penjual online yang ‘terlihat’ dapat dipercaya. Hal
ini dikarenakan konsumen tidak bisa bertemu langsung dengan penjual dan melihat
produknya secara nyata.
Tidak
mendapatkan kepercayaan konsumen menjadi salah satu dari beberapa hambatan dalam
berbisnis online. Tentu kita tidak ingin bisnis online yang sudah susah payah
dibangun harus merugi dan pada akhirnya ditinggalkan. Oleh karena itu, sebagai
pelaku bisnis online kita mesti bisa benar-benar meyakinkan calon konsumen agar
percaya pada produk dan kualitas layanan yang ditawarkan.
Bisnis
online tidak hanya menjadi peluang bagi para pebisnis ‘jujur’ untuk meraup
keuntungan, pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab turut menyalahgunakannya
untuk mendapatkan uang dengan cara menipu pembeli. Banyaknya modus penipuan yang
merugikan para pembeli online telah membuat berkurangnya kepercayaan konsumen terhadap
bisnis online.
Contoh
modus penipuan yang marak menimpa konsumen diantaranya adalah uang sudah ditransfer,
tetapi produk tidak pernah sampai ke alamat tujuan (pesanan tidak dikirimkan
oleh si ‘penipu online’). Kalaupun kiriman sampai, ternyata isinya tidak sesuai
dengan produk yang dipesan. Kualitas produk berbeda dengan foto yang
ditampilkan di toko online.
Hal
seperti ini tentu saja bisa membuat konsumen kecewa dan kapok untuk membeli
produk secara online. Akhirnya mereka lebih memilih untuk membeli produk secara
offline karena bisa bertemu dengan penjual, negosiasi harga, melihat dan merasakan
produk yang akan dibeli secara langsung.
Berikut
ini beberapa tips untuk meyakinkan konsumen agar percaya terhadap bisnis online
kita.
1. Profesional
Tunjukan bahwa bisnis online kita memiliki kredibilitas yang
baik. Perusahaan atau bisnis online akan mendapatkan kepercayaan pelanggan jika
terbukti kredibel. Caranya bisa dengan menyajikan desain website toko online
yang profesional. Buatlah supaya tampilan website nyaman dipandang mata, rapi,
elegan dan navigasi yang baik sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama di
sana. Selain desain, usahakan untuk memakai domain berbayar yang profesional.
Bahasa penawaran yang profesional bisa menumbuhkan
kepercayaan calon pembeli. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk
menunjukan keseriusan dalam berbisnis. Hindari pemakaian bahasa nonformal yang
terlalu lebay, alay atau kurang sopan, ini bisa memunculkan penilaian negatif
di benak calon konsumen.
2. Ada contact
person dan alamat lengkap
Sertakan
contact person yang bisa dan mudah
untuk dihubungi oleh konsumen. Seperti alamat email, Pin BBM dan nomor handphone yang bisa dihubungi lewat chating WhatsApp, telepon ataupun SMS.
Bisa juga mencantumkan akun media sosial lainnya.
Konsumen
biasanya melihat lokasi alamat perusahaan atau penjual terlebih dahulu sebelum
memutuskan untuk memesan produk. Hal ini untuk memastikan bahwa penjual online
tidak fiktif. Adanya alamat jelas bisa memudahkan konsumen untuk meminta
pertanggungjawaban penjual online jika terjadi hal yang tidak diinginkan.
3. Cepat tanggap
Penjual
online harus tanggap ketika ada orderan atau calon pembeli yang bertanya
mengenai produk yang ditawarkan. Jangan sampai membuat mereka menunggu terlalu
lama. Jika perlu, sediakan customer
service sebagai admin khusus untuk melayani orderan dan pengaduan dari
konsumen.
Jika perlu sediakan fasilitas chating online di website/blog toko online. Contohnya seperti yang disediakan situs-situs perusahaan hosting. Alternatifnya bisa menyediakan fasilitas chat dengan Yahoo Messenger.
Jika perlu sediakan fasilitas chating online di website/blog toko online. Contohnya seperti yang disediakan situs-situs perusahaan hosting. Alternatifnya bisa menyediakan fasilitas chat dengan Yahoo Messenger.
4. Aktif di sosial media
Selain
untuk mendekati konsumen, sosial media yang aktif menunjukkan bahwa penjual
benar-benar ‘hidup’. Buatlah postingan rutin, aktif berinteraksi dengan
penanya, menjawab berbagai komentar atau pertanyaan yang masuk. Hal ini bisa membuat
pelanggan mengenal penjual lebih mendalam, bisa menghubungi dengan lebih mudah
dan nilai lebihnya bisnis kita akan dikomendasikan lebih luas.
5. Kualitas produk
Kualitas
produk dan pelayanan yang ditawarkan di website atau toko online harus sesuai
dengan aslinya. Jangan sampai membuat konsumen kecewa karena kualitas produk
yang didapatkan tidak sesuai dengan yang ditawarkan atau pelayanan
mengecewakan. Hal ini bisa memicu tanggapan negatif yang menurunkan
kredibilitas penjual.
6. Foto produk disertai keterangan
Tampilkan
foto produk yang real, bagus dan
menarik. Foto produk harus didukung oleh keterangan yang lengkap terkait
spesifikasinya, misalnya jenis bahan yang digunakan, ukuran, berat, harga,
tipe, dan lain sebagainya. Konsumen bisa diyakinkan dengan informasi produk
yang detail.
Bukan
hanya itu, dapat anda cantumkan juga foto testimoni para pembeli yang sudah
menerima barang dan merasa puas dengan pelayanan yang anda berikan.
7. Garansi
Berikan
layanan kepuasan pelanggan atau garansi. Seperti garansi uang kembali atau
produk boleh diretur jika tidak sesuai pesanan atau cacat. Terutama untuk
produk digital, seperti e-book, video tutorial atau aplikasi. Garansi uang
kembali sangatlah ‘wajib’ untuk dilakukan jika produk ternyata tidak memuaskan.
8. Permudah pembayaran
Sebaiknya
menyediakan nomor rekening dari beberapa bank yang berbeda untuk memudahkan
konsumen dalam melakukan pembayaran. Segera konfirmasi kepada konsumen bila
pembayaran sudah diterima, produk siap dikirim dan sampaikan waktu estimasi
produk akan tiba di alamat tujuan. Berikan konsumen bukti pengiriman seperti
nomor resi untuk lebih meyakinkan.
9. Testimonial jujur
Testimonial
menjadi salah satu faktor penting dalam membangun kepercayaan dari pelanggan.
Testimonial akan membuat calon pembeli menjadi lebih yakin dan percaya pada
perusahaan, produk dan layanan yang diberikan, sebab sudah ada orang lain yang
mencoba produk tersebut.
Testimonial
yang ditampilkan haruslah yang jujur dan bernada positif. Disertai foto, screenshot, atau video pendukung.
Biasanya konsumen yang puas dengan produk dan pelayanan akan berinisiatif
memberikan testimoni secara sukarela tanpa diminta. Tidak ada salahnya kita
melakukan follow up kepada pelanggan
dan meminta testimoni dari mereka. Jangan lupa untuk menampilkan foto-foto
produk yang siap untuk dikirim, foto kondisi di kantor atau gudang dan foto
beberap resi dari pengiriman sebelumnya.
*dikutip dari berbagai sumber
0 Response to "Mau Bisnis Online Bisa Dipercaya Calon Konsumen? Ini Caranya"
Post a Comment
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :)