Kata kunci: mempertahankan
pelanggan menurut philip kotler, mempertahankan pelanggan yang ada, mempertahankan
pelanggan lama, strategi perusahaan mempertahankan pelanggan, tips
mempertahankan pelanggan, fungsi retensi pelanggan, cara mempertahankan
pelanggan lama, pentingnya pelanggan baru.
Kita bisa memperhatikan perkembangan di dunia maya yang begitu pesat. Sangat
wajar jika para pebisnis berlomba-lomba terjun untuk bertempur menggaet pasar
potensial ini. Begitu banyak para pelaku bisnis online, sehingga menimbulkan
persaingan yang teramat ketat. Masalah yang timbul adalah kemampuan setiap
pebisnis online untuk mempertahankan pelanggan setianya agar tetap setia, tidak
berpaling ke toko online yang lain.
Seperti bisnis offline pada umumnya, usaha sejenis yang bermunculan akan
meningkatkan tensi persaingan toko online, salah satunya dalam hal menggaet
pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama. Faktor terbesar berpindahnya
pelanggan adalah karena kecewa dengan toko online kita.
Harus melakukan cara jitu adag pelanggan tetap setia. Berikut ini
adalah beberapa cara alternatif yang bisa kamu praktekkan.
1. Utamakan kepraktisan
Setiap orang pasti ingin serba instan. Sama halnya saat berbelanja
melalui toko online, pelanggan pasti lebih menyukai toko online yang sederhana
dan praktis, namun memuat informasi yang lengkap. Oleh karena itu usahakan agar
toko online kita bisa responsif.
Gunakanlah warna yang sederhana dan sewajarnya pada toko online kamu. Dua
atau tiga warna menurut saya sudah cukup, agar pengunjung tidak dipusingkan
oleh warna yang banyak. Pilih template sederhana dan menarik disertai kemudahan
navigasi. Cek agar situs online shop bisa responsif di perangkat desktop dan
mobile (mobile friendly)
2. Akses harus cepat
Situs toko online yang lambat ketika diakses berpeluang besar menyebabkan
pelanggan merasa kesal dan jengkel. Belum sempat melihat keseluruhan situs,
pelanggan keburu menutup jendela browsernya dan beralih ke toko online yang
lain.
Buatlah agar situs web toko online dapat diakses secara cepat. Tes kecepatan
loading halaman menggunakan Page Speed Insight atau Gtmatrix. Cari cara di
internet agar loading website bisa menjadi lebih cepat.
3. Jangan hanya fokus berjualan
Terapkan metode bisnis yang bukan hanya sekedar jualan semata. Tujuan utama
toko online memang adalah untuk berjualan, tetapi ada hal lain yang bisa
dilakukan. Hal itu adalah menghadirkan blog di toko online yang kita kelola.
Tujuannya adalah untuk berbagi informasi bermanfaat dengan para
pengunjung. Sebisa mungkin informasi yang disajikan harus relevan dengan produk
yang kita tawarkan kepada konsumen. Dengan menampilkan blog, bisnis kita akan
lebih kuat dan bernilai di mata pelanggan.
Keuntungan lain dengan memakai blog adalah situs web sebagai toko
online akan dikenali oleh search engine.
Hal ini meningkatkan peluang bertambahnya jumlah pengunjung toko online kita. Mulai
sekarang cobalah membuat blog sebagus mungkin agar pelanggan bisa mendapatkan
informasi bermanfaat dan tertarik membeli produk yang dijual.
4. Jaga kepercayaan
Salah satu kekurangan berbelanja secara online adalah calon pembeli
tidak bisa bertemu langsung dengan penjual, tidak dapat melihat dan mencoba dulu
produk yang ditawarkan. Kita harus membuat pelanggan percaya dan menghilangkan
rasa cemas pada diri mereka.
Selalu cantumkan penjelasan atau spesifikasi lengkap dari setiap
produk yang dijual di toko online. Bangun kepercayaan pelanggan dengan cara
berinteraksi melalui kolom komentar atau lewat akun media sosial. Tanggapi
setiap komentar yang masuk, tujuannya untuk menampilkan eksistensi toko online
yang selalu hadir untuk pelanggan. Hadirkan testimoni positif dari para
pelanggan sebelumnya yang puas atas pelayanan dan produk toko online kamu.
Sediakan saluran media untuk berkomunikasi dan menerima kritik serta
saran dari pelanggan. Setiap pelanggan tentu ingin diperhatikan dan dilayani
sebaik mungkin, oleh karena itu saluran seperti nomor handphone atau kontak BBM
khusus sangat dibutuhkan untuk menservis pelanggan.
0 Response to "Cara Mempertahankan Pelanggan Toko Online Agar Tidak Berpaling"
Post a Comment
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :)