Pertumbuhan
pasar online di negeri khatulistiwa terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini
membuka celah peluang bisnis sekaligus menghadirkan tantangan. Bagi seorang
pebisnis, kita harus bisa mengembangkan online shop dengan memaksimalkan
berbagai metode kreatif. Ketatnya persaingan di bisnis online menuntut para
pebisnis untuk bisa meningkatkan kemampuannya dalam mengelola online shop.
Tidak
bisa dipungkiri, faktor kepercayaan konsumen terhadap online shop saat ini
tetap menjadi persoalan utama bagi para pebisnis online. Kepercayaan pasar
Indonesia terhadap online shop masih tergolong rendah. Salah satunya mungkin
dipengaruhi maraknya penipuan yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab.
Nyatanya tingkat kepercayaan konsumen menjadi kunci kesuksesan suatu online
shop.
Ini
menjadi tantangan bagi para pebisnis online di Indonesia. Harus ditemukan
metode atau teknik kreatif untuk mengatasi permasalahan ini. Salah satu cara
yang wajib dicoba adalah dengan mengoptimalkan manfaat dari testimoni.
Testimoni
merupakan suatu pernyataan dari kesaksian atau respon konsumen atas pemakaian suatu
produk ataupun jasa, terkait tingkat kepuasan yang disampaikan secara lisan dan
tulisan kepada pihak penjual atau perusahaan. Responnya bisa berupa opini,
komentar, kritik, saran, ungkapan rasa terima kasih dan rasa puas atau kecewa.
Testimoni positif yang kuat dan berkualitas bisa meningkatkan kepercayaan
konsumen terhadap online shop.
Pebisnis
online tentunya sudah menyadari pentingnya testimoni. Tinggal bagaimana cara
mengeksekusi dengan baik dan benar agar peran testimoni bisa maksimal untuk
meraih kepercayaan konsumen.
Lantas
bagaimana metode untuk memaksimalkan peran testimoni dalam bisnis online?
Berikut ini pemaparannya.
1. Maksimalkan Testimoni dari Konsumen
Metode
dasar dan paling mudah bagi setiap pebisnis online dalam memaksimalkan
testimoni. Saya yakin setiap pengelola online shop pasti sudah bisa dan selalu
mempraktekannya. Testimoni bisa jadi dianggap oleh semua orang sebagai pernyataan
positif dari konsumen/pembeli/pelanggan setelah mereka merasakan produk atau
jasa tertentu.
Pengalaman
pelanggan dengan testimoni positif, yang berarti mereka merasa puas, tentu saja
menjadi satu alat promosi efektif untuk meraih kepercayaan calon konsumen
online shop yang baru. Testimoni positif dari pelanggan sebelumnya, bisa
meyakinkan calon pembeli untuk melakukan order produk atau jasa ke online shop
kita.
Usahakan
kita bisa mengarahkan pelanggan untuk mau dengan suka rela memberikan testimoni
positif, online ataupun offline. Abadikan dalam bentuk foto atau screenshot, rekaman suara atau video
sebagai materi promosi testimoni.
2. Minta Testimoni Para Ahli
Metode
selanjutnya untuk mengoptimalkan peran testimoni adalah dengan memanfaatkan
‘testimoni kredibel’. Maksudnya adalah testimoni yang berasal dari para pakar
atau ahli di bidang yang sesuai dengan tema online shop yang dikelola.
Contohnya apabila mengelola online shop hijab, maka usahakan untuk meminta
testimoni dari ahli di bidang tersebut seperti desainer hijab, pemerhati
fashion atau fashion blogger muslimah.
Contoh
lainnya, mintalah testimoni dari ahli kesehatan seperti dokter atau pakar
obat-obatan jika online shop kita menjual produk obat-obatan herbal. Calon
konsumen tentu akan percaya kepada ahlinya, apalagi jika tokoh ahli tersebut
‘punya nama’ di bidangnya.
Bisnis
online kita akan terlihat meyakinkan, sehingga bisa dengan cukup mudah mendapatkan
kepercayaan dari para calon konsumen. Dengan catatan jika berhasil mendapatkan
beberapa testimoni dari mereka.
3. Testimoni dari Tokoh Terkenal
Selain
para ahli, public figure menjadi sosok penting yang bisa membantu pebisnis
online untuk memaksimalkan peran testimoni. Tentu saja selain faktor kepopuleran,
tokoh terkenal yang akan dipilih harus memiliki citra positif di mata
masyarakat. Atau minimal tidak pernah atau sedang terkait dengan hal-hal berbau
negatif.
Hal
yang harus diperhatikan selanjutnya, sosok public figure harus memiliki
kesesuaian dengan target pasar online shop kita. Atau dengan konsep produk dan
strategi promosi yang diterapkan. Jika bisa dieksekusi dengan baik dan benar,
kepercayaan dari calon konsumen pasti akan dengan mudah diperoleh. Keuntungan
lainnya adalah merek atau brand online shop bisa dikenal luas dan semakin kuat.
4. Buat Beragam Versi Testimoni
Bisa
dikatakan langkah terakhir adalah dengan membuat beragam versi dari testimoni.
Tujuannya agar testimoni tidak tampil biasa saja, tetapi bisa lebih menarik
perhatian konsumen. Dukungan teknologi saat ini memungkinkan kita untuk
melakukannya.
Selain
membuat testimoni dalam bentuk foto atau gambar, kita bisa melakukan lebih. Misalnya
membuat serangkaian testimoni dalam bentuk rekaman suara atau tampilan video,
bisa juga gabungan keduanya.
Testimoni yang lebih dari satu ditambah dengan
penyajian dalam bentuk beragam dan unik, tentu saja membuat konsumen akan
semakin dan terus mempercayai online shop kita. Peran testimoni menjadi semakin
maksimal untuk meraih kepercayaan konsumen baru dan meningkatkan penjualan.
*dari berbagai sumber
0 Response to "Kepercayaan Konsumen Terhadap Online Shop Meningkat dengan Testimoni"
Post a Comment
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :)