PROMO JANUARI 2017

Cara Ampuh Membidik Target Pasar yang Tepat 100% Akurat

Banyak kita jumpai materi tips pemasaran, yaitu strategi cara membidik/menentukan target pasar/market dengan bijak dan tepat, akurasi 99%. Bukan tanpa alasan, faktanya bisnis bisa sukses dengan membidik target market yang tepat.

Cara Ampuh Membidik Target Market (Target Pasar) yang Tepat 100% Akurat lisubisnis.com bisnis muslim

Saya perhatikan banyak yang mencari pembahasan seputar cara menentukan target pasar yang tepat, cara mencari target market dan contoh target market. Sehingga pembahasan ini masih penting untuk disampaikan.

Kita ilustrasikan melalui suatu kondisi, mari disimak.

Misalnya kamu jualan penggorengan super canggih, bisa memasak 6x lebih cepat, lebih hemat minyak, dan anti gores. Materialnya baja lapis 7. Lalu kamu menjualnya di kampus yang notabene berisi kumpulan mahasiswa. Kira-kira jualannya laku tidak?

Oke, silahkan simpan jawaban kamu setelah tuntas membaca dan memahami bahasan artikel kali ini. Materi mengenai cara membidik target pasar yang tepat.

Tapi, langsung kita buka saja jawabannya. Saya yakin kamu bisa menjawab dengan tepat, jawabannya adalah TIDAK AKAN LAKU. Kalaupun laku, hanya beberapa saja. TIDAK AKAN MAKSIMAL.

Kenapa??? Yaapp.. Betul sekali, bukan karena barang dagangan yang salah, tapi KAMU SALAH TARGET MARKET.

Bagi yang sudah menjawab, SALAH TARGET MARKET. Selamat, berarti kamu sudah tahu apa target market itu. Jadi, siapakah TARGET MARKET itu???

“TARGET MARKET adalah orang-orang yang sangat BERPOTENSI untuk membeli produk/menggunakan jasa yang kamu tawarkan, karena ada rasa INGIN & PERLU."

Baca juga:

Beberapa dari kita mungkin sudah mulai capek untuk promosi secara gencar-gencaran. Menulis copywriting seciamik mungkin. Namun hasilnya masih saja sepi orderan. Ada yang pernah mengalami?

Jika pernah, mungkin kamu sudah melupakan keberadaan target market. Bisa jadi kamu belum mampu membidik TARGET MARKET yang tepat. Bandingkan situasi sebelumnya yang sudah saya paparkan tadi dengan situasi ini.

Andai kamu seorang penjual es teh manis dan es kelapa muda. Menggelar lapak di pinggir lapangan sepak bola yang sedang ramai-ramainya banyak yang bermain. Alhamdulillah, waktu mereka istirahat, tanpa perlu teriak-teriak ke sana ke mari, langsung ludes tuh jualan dalam beberapa waktunya saja.

Sederhana sekali bukan?

Copywriting sendiri yang dianggap sebagai SPG-nya jualan online, belum mampu menghipnotis calon buyer jika kita masih salah menentukan target market.

Sebelum kita terjunkan copywriting yang aduhai kepada calon buyer, coba kita terlebih dahulu menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
1.    Apa yang saat ini benar-benar mereka butuhkan?
2.    Apa yang mereka cari?
3.    Apa masalah mereka yang bisa diselesaikan dengan hadirnya produk kita?
4.    Apa ciri-ciri spesifik mereka? (Jenis kelamin, Usia, Pekerjaan, Penghasilan)
5.    Di mana kita bisa menemukan mereka?
6.    Media online apa yang mereka biasa gunakan? (facebook, twitter, instagram, website)
7.    Bagaimana pola pembelian target market kita? (Beli via SMS, BB, WA, LINE)
8.    Siapa orang yang benar-benar membutuhkan produk kita?

Jelas saja masih sepi orderan, ternyata kita menjual pada orang yang salah. Analoginya, orang lagi lapar kita kasih minum. Orang lagi haus, kita kasih makan. Kan gak nyambuuungg?

Nah, mulai sekarang, mari mulai list lagi target-target market kita dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas. Semakin runcing kita tentukan, semakin tajam copywriting kita bereaksi.

Bidiklah target market yang tepat

Kalau target marketnya tepat, walau kamu sering broadcast edukasi dan juga penawaran produk ke semua kontak BBM dan WA, mereka akan menerimanya dengan senang hati. Ya mereka beranggapan karena bisa saja mereka butuh produk kamu.

Lalu, apakah setelah menemukan TARGET MARKET YANG TEPAT bisa langsung GAMPANG CLOSING...???

Baca juga:

Jualan itu SEPERTI PROSES MENIKAH. Gak mungkin ketika seneng, langsung nikah. Ada proses yang namanya perkenalan dulu. Kenali, sentuh, dapatkan hatinya, baru JUALAN.

Betul, Jawabannya.. TIDAK LANGSUNG MUDAH CLOSING.

Kenapa? Di sini pembangunan dan peran PERSONAL BRANDING sangat kuat. Nah, coba baca artikel lisubisnis sebelumnya tentang MEMBANGUN PERSONAL BRANDING.

Ketika sudah menyajikan menu yang tepat, di PDKT-in. Closing dehh. Beda dengan market yang bukan target kamu. Setidaknya pembentukan PERSONAL BRANDING kamu di mata mereka tidak terlalu susah. Beri ‘makan’ target market kamu dengan konsisten.

SEMAKIN KENAL, SEMAKIN DEKAT, SEMAKIN PERCAYA, SEMAKIN MUDAH CLOSING. Salam sukses 2 dunia. SHARE jika artikel ini bermanfaat J

Referensi dan sumber gambar: lebahpreneur

0 Response to "Cara Ampuh Membidik Target Pasar yang Tepat 100% Akurat"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Jam Tangan Couple