PROMO JANUARI 2017

Cara Mempertahankan Pelanggan Toko Online Agar Tidak Berpaling

Kata kunci: mempertahankan pelanggan menurut philip kotler, mempertahankan pelanggan yang ada, mempertahankan pelanggan lama, strategi perusahaan mempertahankan pelanggan, tips mempertahankan pelanggan, fungsi retensi pelanggan, cara mempertahankan pelanggan lama, pentingnya pelanggan baru.

Cara Mempertahankan Pelanggan Toko Online Agar Tidak Berpaling lisubisnis.com bisnis muslim

Kita bisa memperhatikan perkembangan di dunia maya yang begitu pesat. Sangat wajar jika para pebisnis berlomba-lomba terjun untuk bertempur menggaet pasar potensial ini. Begitu banyak para pelaku bisnis online, sehingga menimbulkan persaingan yang teramat ketat. Masalah yang timbul adalah kemampuan setiap pebisnis online untuk mempertahankan pelanggan setianya agar tetap setia, tidak berpaling ke toko online yang lain.

Seperti bisnis offline pada umumnya, usaha sejenis yang bermunculan akan meningkatkan tensi persaingan toko online, salah satunya dalam hal menggaet pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama. Faktor terbesar berpindahnya pelanggan adalah karena kecewa dengan toko online kita.

Harus melakukan cara jitu adag pelanggan tetap setia. Berikut ini adalah beberapa cara alternatif yang bisa kamu praktekkan.

1. Utamakan kepraktisan
Setiap orang pasti ingin serba instan. Sama halnya saat berbelanja melalui toko online, pelanggan pasti lebih menyukai toko online yang sederhana dan praktis, namun memuat informasi yang lengkap. Oleh karena itu usahakan agar toko online kita bisa responsif.

Gunakanlah warna yang sederhana dan sewajarnya pada toko online kamu. Dua atau tiga warna menurut saya sudah cukup, agar pengunjung tidak dipusingkan oleh warna yang banyak. Pilih template sederhana dan menarik disertai kemudahan navigasi. Cek agar situs online shop bisa responsif di perangkat desktop dan mobile (mobile friendly)

2. Akses harus cepat
Situs toko online yang lambat ketika diakses berpeluang besar menyebabkan pelanggan merasa kesal dan jengkel. Belum sempat melihat keseluruhan situs, pelanggan keburu menutup jendela browsernya dan beralih ke toko online yang lain.

Buatlah agar situs web toko online dapat diakses secara cepat. Tes kecepatan loading halaman menggunakan Page Speed Insight atau Gtmatrix. Cari cara di internet agar loading website bisa menjadi lebih cepat.

3. Jangan hanya fokus berjualan
Terapkan metode bisnis yang bukan hanya sekedar jualan semata. Tujuan utama toko online memang adalah untuk berjualan, tetapi ada hal lain yang bisa dilakukan. Hal itu adalah menghadirkan blog di toko online yang kita kelola.

Tujuannya adalah untuk berbagi informasi bermanfaat dengan para pengunjung. Sebisa mungkin informasi yang disajikan harus relevan dengan produk yang kita tawarkan kepada konsumen. Dengan menampilkan blog, bisnis kita akan lebih kuat dan bernilai di mata pelanggan.

Keuntungan lain dengan memakai blog adalah situs web sebagai toko online akan dikenali oleh search engine. Hal ini meningkatkan peluang bertambahnya jumlah pengunjung toko online kita. Mulai sekarang cobalah membuat blog sebagus mungkin agar pelanggan bisa mendapatkan informasi bermanfaat dan tertarik membeli produk yang dijual.

4. Jaga kepercayaan
Salah satu kekurangan berbelanja secara online adalah calon pembeli tidak bisa bertemu langsung dengan penjual, tidak dapat melihat dan mencoba dulu produk yang ditawarkan. Kita harus membuat pelanggan percaya dan menghilangkan rasa cemas pada diri mereka.

Selalu cantumkan penjelasan atau spesifikasi lengkap dari setiap produk yang dijual di toko online. Bangun kepercayaan pelanggan dengan cara berinteraksi melalui kolom komentar atau lewat akun media sosial. Tanggapi setiap komentar yang masuk, tujuannya untuk menampilkan eksistensi toko online yang selalu hadir untuk pelanggan. Hadirkan testimoni positif dari para pelanggan sebelumnya yang puas atas pelayanan dan produk toko online kamu.

Sediakan saluran media untuk berkomunikasi dan menerima kritik serta saran dari pelanggan. Setiap pelanggan tentu ingin diperhatikan dan dilayani sebaik mungkin, oleh karena itu saluran seperti nomor handphone atau kontak BBM khusus sangat dibutuhkan untuk menservis pelanggan.

0 Response to "Cara Mempertahankan Pelanggan Toko Online Agar Tidak Berpaling"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Jam Tangan Couple