PROMO JANUARI 2017

Info Bisnis Cemilan Opak Aneka Rasa Sumedang

Kata kunci: opak ketan, resep opak singkong pedas, opak singkong terbaru, harga opak singkong, cara membuat kerupuk opak singkong, resep opak singkong aneka rasa.

Info Bisnis Cemilan Opak Aneka Rasa Sumedang lisubisnis.com bisnis muslim

Bisnis apa yang menguntungkan? Bisnis usaha kecil sekarang ini berpotensi menghasilkan omzet yang tidak sedikit. Salah satunya adalah bisnis camilan opak aneka rasa. Cemilan yang terbuat dari beras ketan ini tidak hanya bisa ditemui saat lebaran atau hajatan saja, tinggal datang ke toko-toko makanan pasti sudah tersedia penganan yang terbuat dari beras ketan dan kelapa yang matangnya dibakar ini.

Salah satu sentra penghasil opak ada di Sumedang. Berbagai jenis dan rasa opak ketan yang gurih bisa kita temui di sini. Rasa opak itu kini semakin bervariasi, ada rasa ikan, terasi udang, bawang, manis sampai rasa strawberi. Opak aneka rasa ini diproduksi di Kecamatan Conggeang, Sumedang. Di sini terdapat kurang lebing 12 pengusaha opak yang telah mempunyai merek dagang ternama. Para perintis pertama kali adalah Opak Oded, Opak Ma Anah, Opak Nia, Opak DPO, Opak Sukses, Opak Marisa, Opak Citra Mandiri, Opak Kurnia, Opak Sugema, Opak MDS, Opak ONH dan Opak Cimei.

Namun, jika ingin rasa opak yang orisinil, kamu bisa mencoba Opak Cimanggung yang memiliki keunggulan bentuknya yang bisa mengembang dan mengembung, alias tidak pipih rata. Rahasianya terletak pada adonan yang berbeda dari opak-opak lainnya. Adonannya menggunakan satu kelapa utuh untuk setiap satu liter beras ketan. Santan dimasukkan dalam beras ketan ketika proses menanak beras ketan. Bumbu lainnya hanya menggunakan tambahan garam saja. Opak mengembung dikarenakan penggunaan santan yang banyak.

Opak yang sudah dicetak kemudian dijemur, tetapi jangan sampai kering. Cukup sampai setengah kering saja. Setelah itu didiamkan satu hari untuk selanjutnya dibakar di atas pembakaran arang. Ada juga yang menggunakan metode disangrai, yaitu dimasak dengan bantuan batu kerikil panas.

Opak dari Kecamatan Buahdua ini memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dari opak pada umumnya, tebal dan sedikit kembung dengan warna lebih kuning kecoklatan. Rasa opak Buahdua ini lebih renyah jika dibandingkan dengan opak-opak lainnya.

Salah satu hal pembeda dengan opak lain adalah dari segi resep dan pengolahannya. Beras ketan untuk Opak Buahdua sebelum dikukus hingga matang biasanya akan diaron atau digigih dulu dengan menggunakan air kelapa muda. Setelah itu, jika sudah matang nasi ketannya langsung ditabur dengan parut kelapa yang sudah dikukus terlebih dahulu.

Opak ini juga bisa dinikmati di Kampung Bakom, Kecamatan Linggajaya dan Kecamatan Cisitu. Di sini ada kampung opak dan penduduknya membuat dan berbisnis opak secara turun temurun.

0 Response to "Info Bisnis Cemilan Opak Aneka Rasa Sumedang"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Jam Tangan Couple