PROMO JANUARI 2017

Cara Menjadi Pengusaha Sukses dengan Menghindari 7 Hal Ini

Kata Kunci: Pengusaha Sukses, Belajar Bisnis, Tips Sukses, Cara Sukses, Belajar Jadi Pengusaha, Cara Menjadi Pengusaha Sukses, Cara Jadi Pengusaha, Cara Menjadi Pengusaha, Cara Menjadi Sukses, Cara Usaha Sukses, Kiat Sukses Usaha, Pebisnis Sukses.

Cara Menjadi Pengusaha Sukses dengan Menghindari 7 Hal Ini lisubisnis.com Bisnis Muslim

Belum, bahkan tidak ada panduan khusus berupa petunjuk langkah demi langkah yang menjamin seseorang bisa sukses jika melakukannnya. Kebanyakan hanya bisa meniru langkah yang dilakukan oleh para pebisnis sukses. Atau menerapkan teori dan konsep yang dicetuskan para akademisi pada bisnis yang kita jalankan.

Sebagai seorang muslim, kita juga harus mengambil pelajaran sesuai dengan yang dicontohkan dalam agama Islam sebagai upaya untuk meraih kesuksesan, baik di dunia maupun di akhirat. Berikut ini adalah 7 hal wajib yang harus dihindari dan dijauhi oleh pengusaha muslim.

1. Kegundahan dan kesedihan
Seorang pengusaha muslim harus menghindari terjebak dalam kegundahan dan kesedihan. Jangan sampai terikat meratapi masa lalu dan gentar menghadapi masa depan.

Doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW: “Ya Allah, sejatinya aku berlindung kepada-Mu dari rasa gundah dan duka karena penyesalan, rasa tidak berdaya, malas, kikir, sifat penakut, terlilit utang dan penindasan orang lain.” (HR. Al-Bukhari)

Rasa duka dan gundah yang berlebihan hanya akan menimbulkan keputusasaan dan keraguan dalam menghadapi masa yang akan datang. Oleh karena itu, seorang pengusaha harus bermental baja dengan tidak larut dan segera bangkit dalam kesedihan.

2. Khawatir terhadap rezeki
Seorang pengusaha kerap khawatir mengenai rezeki. Khawatir dan takut akan kemiskinan. Padahal Allah SWT sudah menentukan kadar rezeki setiap makhluk hidup.

“Katakanlah: “Siapakah yang memberi rezeki kepadamu dari langit dan dari bumi?” Katakanlah: “Allah.” (QS. Saba: 24)

Manusia hanya bisa berusaha dan berencana, tetapi tetap saja Sang Maha Pemberi Rezeki lah yang menentukan. Rezeki pada hakikatnya bukan semata karena kepandaian kita, tetapi merupakan karunia dari Allah SWT.

Takwa menjadi solusi dari kekhawatiran dan kesedihan. Berserah diri dan mengikuti petunjuk Sang Pencipta. Jika mengikuti petunjuk-Nya, pasti kekhawatiran dan kesedihan hati akan sirna.

Selain takwa, sedekah secara ikhlas menjadi jalan keluar untuk menghilangkan kesedihan dan kegundahan. Orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah SWT, baik secara terang-terangan maupun secara sembunyi-sembunyi akan mendapatkan pahala. Selain itu, tidak akan ada kekhawatiran dan kesedihan hati pada diri mereka.

Seorang muslim harus selalu bertawakal terhadap segala hal yang belum terjadi, termasuk perihal rezeki. Bertawakal merupakan berserah diri dalam hati kepada Allah SWT setelah berusaha dengan maksimal. Jika bertawakal dengan sebenar-benarnya, maka Allah SWT akan melimpahkan rezekinya.

3. Sikap lemah dan malas
Pengusaha itu tidak boleh lemah. Motivasi, semangat, pendirian dan usahanya harus kuat. Gigih dan pantang menyerah untuk menggapai kesuksesan.

Para pemenang adalah mereka yang bisa melawan kemalasan. Orang sukses giat ketika orang lain sedang malas dan terus bekerja ketika orang lain sedang tidur dan santai. Kemalasan adalah musuh terbesar penghalang kesuksesan.

Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita agar tidak malas, tidak lemah dan harus selalu bersemangat. Mukmin yang kuat itu lebih baik dan lebih dicintai daripada mereka yang lemah. Kita harus bersemangat terhadap hal-hal positif yang mendatangkan manfaat. Jika terkena musibah, terima dengan ikhlas dan lapang dada sebagai bagian dari takdir Allah SWT.

4. Kikir
Salah satu penyebab usaha gagal adalah sifat kikir atau pelit. Allah SWT telah menjanjikan kesuksesan, kekayaan dan kebaikan bagi mereka yang dermawan.

Setiap menjelang pagi hari dua malaikat turun dari langit. Satu malaikat berdoa untuk mengkaruniai orang yang menginfakkan hartanya. Lainnya berdoa agar menimpakan kerusakan atau kemusnahan bagi orang yang menahan hartanya.

5. Penakut
Kita harus berlindung dari sifat penakut. Para pahlawan yang pemberani dalam sejarah sesungguhnya memiliki rasa takut yang sewajarnya dimiliki manusia. Tetapi mereka melawan rasa takut tersebut sehingga menjadi pemberani.

Takut gagal menjadi penghambat kesuksesan. Bagaimana bisa berhasil jika takut produk tidak laku, takut uang habis jika diinvestasikan, takut ditipu dan beragam ketakutan lainnya yang semestinya harus dilawan.

6. Banyak berutang
Pengusaha harus menghindari utang yang berlebihan tanpa mempertimbangkan kemampuan untuk membayarnya. Hal ini bisa menimbulkan masalah besar.

Dampak buruk dari berutang sudah dijelaskan oleh Rasulullah dalam haditsnya: “Sesungguhnya, apabila seseorang terlilit utang, jika dia berbicara maka dia berdusta dan jika berjanji maka dia mengingkarinya.” (HR. Bukhari)

7. Penindasan orang lain
Berlindung dari penindasan orang lain adalah hal terakhir dalam doa yang diajarkan Rasulullah di atas. Kesuksesan tidak akan bisa dicapai jika kita masih berada di bawah penindasan orang lain, secara fisik ataupun mental.

Kelebihan menjadi seorang pebisnis adalah kemampuan untuk mewujudkan apa yang kita inginkan. Misalkan membuat suatu produk sesuka hati, sesuai dengan keinginan dan membuka usaha sesuai hobi yang dimiliki.

Jika pengusaha bekerja di bawah tekanan orang lain, maka akan berakibat terhambatnya kesuksesan. Misalnya karyawan jahat yang zalim, monopolitor yang menghambat pemasaran produk, gangguan oknum seperti preman dan lain sebagainya. Semoga kita bisa terbebas dari penindasan orang lain.

Semoga Allah SWT menghindarkan kita dari segala hal negatif yang Rasulullah berlindung darinya. Salam sukses dua dunia :)

Sumber: Tulisan Fadil Basymeleh dengan penyesuaian editor

4 Responses to "Cara Menjadi Pengusaha Sukses dengan Menghindari 7 Hal Ini"

  1. Saya Mrs Queen pemberi pinjaman pinjaman pribadi, kami memberikan pinjaman pada tingkat 2%
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk membayar utang Anda?
    Anda membutuhkan pinjaman untuk memulai bisnis,
    pinjaman untuk membayar tagihan,
    Kami di sini untuk memberikan pinjaman dari jumlah apapun, silahkan hubungi kami melalui alamat perusahaan:
    queendanielloanfirm@gmail.com Tuhan memberkati

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Jam Tangan Couple