PROMO JANUARI 2017

Kepercayaan Konsumen Terhadap Online Shop Meningkat dengan Testimoni

Pertumbuhan pasar online di negeri khatulistiwa terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini membuka celah peluang bisnis sekaligus menghadirkan tantangan. Bagi seorang pebisnis, kita harus bisa mengembangkan online shop dengan memaksimalkan berbagai metode kreatif. Ketatnya persaingan di bisnis online menuntut para pebisnis untuk bisa meningkatkan kemampuannya dalam mengelola online shop.

Kepercayaan Konsumen Terhadap Online Shop Meningkat dengan Testimoni www.lisubisnis.com bisnis muslim

Tidak bisa dipungkiri, faktor kepercayaan konsumen terhadap online shop saat ini tetap menjadi persoalan utama bagi para pebisnis online. Kepercayaan pasar Indonesia terhadap online shop masih tergolong rendah. Salah satunya mungkin dipengaruhi maraknya penipuan yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab. Nyatanya tingkat kepercayaan konsumen menjadi kunci kesuksesan suatu online shop.

Ini menjadi tantangan bagi para pebisnis online di Indonesia. Harus ditemukan metode atau teknik kreatif untuk mengatasi permasalahan ini. Salah satu cara yang wajib dicoba adalah dengan mengoptimalkan manfaat dari testimoni.

Testimoni merupakan suatu pernyataan dari kesaksian atau respon konsumen atas pemakaian suatu produk ataupun jasa, terkait tingkat kepuasan yang disampaikan secara lisan dan tulisan kepada pihak penjual atau perusahaan. Responnya bisa berupa opini, komentar, kritik, saran, ungkapan rasa terima kasih dan rasa puas atau kecewa. Testimoni positif yang kuat dan berkualitas bisa meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap online shop.

Pebisnis online tentunya sudah menyadari pentingnya testimoni. Tinggal bagaimana cara mengeksekusi dengan baik dan benar agar peran testimoni bisa maksimal untuk meraih kepercayaan konsumen.

Lantas bagaimana metode untuk memaksimalkan peran testimoni dalam bisnis online? Berikut ini pemaparannya.

1. Maksimalkan Testimoni dari Konsumen
Metode dasar dan paling mudah bagi setiap pebisnis online dalam memaksimalkan testimoni. Saya yakin setiap pengelola online shop pasti sudah bisa dan selalu mempraktekannya. Testimoni bisa jadi dianggap oleh semua orang sebagai pernyataan positif dari konsumen/pembeli/pelanggan setelah mereka merasakan produk atau jasa tertentu.

Pengalaman pelanggan dengan testimoni positif, yang berarti mereka merasa puas, tentu saja menjadi satu alat promosi efektif untuk meraih kepercayaan calon konsumen online shop yang baru. Testimoni positif dari pelanggan sebelumnya, bisa meyakinkan calon pembeli untuk melakukan order produk atau jasa ke online shop kita.

Usahakan kita bisa mengarahkan pelanggan untuk mau dengan suka rela memberikan testimoni positif, online ataupun offline. Abadikan dalam bentuk foto atau screenshot, rekaman suara atau video sebagai materi promosi testimoni.

2. Minta Testimoni Para Ahli
Metode selanjutnya untuk mengoptimalkan peran testimoni adalah dengan memanfaatkan ‘testimoni kredibel’. Maksudnya adalah testimoni yang berasal dari para pakar atau ahli di bidang yang sesuai dengan tema online shop yang dikelola. Contohnya apabila mengelola online shop hijab, maka usahakan untuk meminta testimoni dari ahli di bidang tersebut seperti desainer hijab, pemerhati fashion atau fashion blogger muslimah.

Contoh lainnya, mintalah testimoni dari ahli kesehatan seperti dokter atau pakar obat-obatan jika online shop kita menjual produk obat-obatan herbal. Calon konsumen tentu akan percaya kepada ahlinya, apalagi jika tokoh ahli tersebut ‘punya nama’ di bidangnya.

Bisnis online kita akan terlihat meyakinkan, sehingga bisa dengan cukup mudah mendapatkan kepercayaan dari para calon konsumen. Dengan catatan jika berhasil mendapatkan beberapa testimoni dari mereka.

3. Testimoni dari Tokoh Terkenal
Selain para ahli, public figure menjadi sosok penting yang bisa membantu pebisnis online untuk memaksimalkan peran testimoni. Tentu saja selain faktor kepopuleran, tokoh terkenal yang akan dipilih harus memiliki citra positif di mata masyarakat. Atau minimal tidak pernah atau sedang terkait dengan hal-hal berbau negatif.

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya, sosok public figure harus memiliki kesesuaian dengan target pasar online shop kita. Atau dengan konsep produk dan strategi promosi yang diterapkan. Jika bisa dieksekusi dengan baik dan benar, kepercayaan dari calon konsumen pasti akan dengan mudah diperoleh. Keuntungan lainnya adalah merek atau brand online shop bisa dikenal luas dan semakin kuat.

4. Buat Beragam Versi Testimoni
Bisa dikatakan langkah terakhir adalah dengan membuat beragam versi dari testimoni. Tujuannya agar testimoni tidak tampil biasa saja, tetapi bisa lebih menarik perhatian konsumen. Dukungan teknologi saat ini memungkinkan kita untuk melakukannya.

Selain membuat testimoni dalam bentuk foto atau gambar, kita bisa melakukan lebih. Misalnya membuat serangkaian testimoni dalam bentuk rekaman suara atau tampilan video, bisa juga gabungan keduanya.

Testimoni yang lebih dari satu ditambah dengan penyajian dalam bentuk beragam dan unik, tentu saja membuat konsumen akan semakin dan terus mempercayai online shop kita. Peran testimoni menjadi semakin maksimal untuk meraih kepercayaan konsumen baru dan meningkatkan penjualan.

*dari berbagai sumber

0 Response to "Kepercayaan Konsumen Terhadap Online Shop Meningkat dengan Testimoni"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Jam Tangan Couple