PROMO JANUARI 2017

Tips Ngeblog Buat Blogger Pemula Biar Cepat Sukses

Keywords: tips blogger, tutorial blogger pemula, tutorial blogger bagi pemula, belajar membuat blog bagi pemula, tips jadi blogger, belajar blog, belajar blogspot, tips ngeblog, cara menjadi blogger untuk pemula, tutorial blogger pemula, belajar blogger pemula, cara ngeblog buat pemula, cara ngeblog dapat uang, cara ngeblog di hp android, tutorial blogger pemula pdf.

Tips Ngeblog buat Blogger Pemula biar Cepat Sukses lisubisnis.com bisnis muslim

Bisnis online menjadi lahan potensial untuk menghasilkan pendapatan yang besar. Peluang bisnis online tergolong sangat banyak dan memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan bisnis offline. Bisa meraup rupiah melalui bisnis afiliasi, toko online atau menjadi seorang blogger profesional (seperti yang sedang saya lakukan).

Fokus bahasan artikel ini adalah tips ngeblog untuk para blogger pemula (blogger newbie). Agar bisa menjadi seorang blogger profesional yang sukses itu tidaklah mudah, banyak tahapan yang harus dilewati. Pastinya bagi blogger pemula harus mulai berjalan dari titik nol.

Sukses itu tidak mudah, namun bukan berarti tidak bisa dicapai. Para blogger pemula harus menekuni beberapa tips di bawah ini agar lekas meraih kesuksesan di dunia perblogan.

1. Fokus dan serius menekuni tema blog
Ada kalanya seorang blogger pemula tidak bisa fokus dan serius pada materi blognya. Contohnya saya membangun blog bertema bisnis online dan offline sesuai syariat Islam. Kemudian melihat blog lain dengan tema gadget yang lebih sukses. Lantas saya tergoda untuk membuat blog baru dengan tema serupa.

Hal ini perlu dihindari, membuat blog baru sedangkan blog lama belum dimaksimalkan. Seharusnya fokus di satu blog dengan tema khusus sampai benar-benar maksimal. Oleh karena itu, sejak awal membangun sebuah blog, tema blog merupakan hal krusial. Tema yang dipilih harus sesuai minat dan bakat yang kita miliki, sehingga kegiatan blog akan menjadi lebih menyenangkan.

2. Pantang menyerah
Kegagalan seharusnya tidak membuat seorang blogger jadi mudah menyerah. Tidak penting berapa kali kita gagal, lebih penting adalah berapa kali kita bangkit dari kegagalan tersebut. Gagal adalah hal biasa sebagai pembelajaran untuk menentukan langkah yang tepat. Ingat, kesuksesan berada di puncak gunung kegagalan.

Seringkali blogger pemula menyerah karena merasa tidak kunjung berhasil dalam membangun blog, padahal baru berjalan dalam hitungan beberapa bulan. Faktanya, tidak sedikit blogger yang sukses setelah sekian tahun membangun blognya.

Kuncinya adalah ketekunan dan kesabaran untuk terus belajar. Kesuksesan itu tidak instan, harus melewati tahapan-tahapan yang rumit dan panjang. Oleh karena itu, jadikan kegiatan ngeblog sebagai hobi yang menyenangkan. Bahkan bisa sebagai pengisi waktu luang.

3. Terus belajar dan temukan hal baru
Seorang blogger wajib hukumnya untuk terus mempelajari ilmu terkait dunia blogging. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan belajar langsung dari blogger senior yang sudah lebih dulu sukses. Banyak yang berbagi pengalamannya melalui blog pribadi atau forum khusus. Saya sendiri banyak belajar dari seorang teman yang sudah lama ngeblog (ini blognya www.bayuwin.com), selain itu belajar kepada blogger senior seperti Mba Indri (www.juragancipir.com) dan Mas Sugeng (www.sugeng.id).

Kalau perlu jalin komunikasi secara personal dengan mereka. Bertanya secara langsung lewat media sosial atau berkunjung ke tempat mereka secara langsung bertatap muka. Namun harus menjaga sikap dan tahu waktu yang tepat.

Bergabunglah dengan forum atau fanpage yang membahas seputar dunia blogging. Banyak informasi yang bisa didapatkan untuk pengembangan blog sobat muslim. Selain itu telusuri sumber dan referensi lainnya untuk menambah pengetahuan kita.

4. Tetap berhati-hati
Modus penipuan dengan janji manis bisa sukses dengan mudah dan cepat atau menghasilkan ratusan dolar dalam waktu singkat sangat marak di dunia bisnis online. Kita harus selalu waspada dan pandai menentukan langkah yang tepat.

Tidak sedikit blogger pemula yang menjadi korban penipuan karena faktor pengalaman yang minim. Intinya banyak belajar dan bertanya ke blogger senior dan tidak mudah terbujuk rayu manis para penipu online.

Referensi tulisan karya Mas Tasbihul Mamnun

10 Responses to "Tips Ngeblog Buat Blogger Pemula Biar Cepat Sukses"

  1. Satu lagi tambahan, tetap menjalin silaturahmi :)

    Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap betul sekali gan. Salah satunya lewat kolom komentar blog :)

      Salam kenal juga

      Delete
  2. makasih banyak gan untuk sarannya..
    ditunggu artikel lainnya..

    ReplyDelete
  3. Suka sekali dengan poin poin diatas mas, terutama pada poin jangan pantang penyerah. Ya. Itu modal saya belajar ngeblog.. Saya terus menulis saja karena yakin akan ada hasil dikemudian hari. Terimakasih telah berbagi dan salam kenal saja mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, jadikan hobi biar ga jadi beban. Salam sukses dan salam kenal juga :)

      Delete
  4. salam kenal mas, hampir sama ternyata
    saya juga sering kunjungan ke juragancipir dan blog mas sugeng
    kalau bayuwin belum pernah, sekarang meluncur kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga :)
      Ia harus sering belajar sama blogger yang sudah senior.

      Delete
  5. sangat bermanfaat sob bagi pemula bagi saya .
    ditunggu kunjungan baliknya yaa sekalian join http://www.koraninformasi.com

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Jam Tangan Couple