PROMO JANUARI 2017

4 Cara Membidik Target Pasar Potensial yang Tepat untuk Bisnis Anda

Penentuan target pasar potensial menjadi hal krusial bagi pengusaha yang akan atau baru merintis bisnisnya. Berbeda halnya dengan bisnis yang sudah berkembang dan berada dalam skala besar.

4 Strategi, tips, Cara Membidik Target Pasar Potensial yang Tepat untuk Bisnis Anda, membidik pasar sasaran, membidik konsumen lisubisnis bisnis muslim muslimpreneur.jepg

Pengusaha dituntut untuk lebih teliti dan jeli dalam membidik target pasar sebagai calon konsumennya. Hal ini didorong oleh ketatnya persaingan pasar dan banyaknya peluang usaha baru yang muncul. Dengan demikian, sobat muslimpreneur bisa menentukan produk atau jasa yang tepat untuk dipasarkan. Kualitas, keunggulan, harga, maupun pelayanan dari produk atau jasa bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.
Apabila gagal menentukan target pasar yang tepat, maka produk atau jasa tidak akan bisa diserap dengan maksimal oleh konsumen. Kombinasi target pasar dengan produk yang tepat bisa mendatangkan transaksi penjualan, sehingga sobat muslimpreneur bisa memperoleh keuntungan yang maksimal.

Tips ini bisa membuat kita tidak salah dalam membidik target pasar. Inilah cara membidik target pasar yang tepat dengan bijak.

1. Kejelasan produk atau jasa yang ditawarkan
Pastikan produk atau jasa yang dimiliki memungkinkan untuk diterima oleh target pasar. Munculkan aspek keunggulan, nilai lebih, manfaat, kelemahan serta potensi dari produk atau jasa yang ditawarkan, beserta keunikan atau inovasi yang tidak dimiliki oleh kompetitor. Pastikan poin-poin tersebut bisa membuat produk diterima dengan baik dan menjadi alasan target konsumen untuk membeli atau menggunakan produk dan jasa kita.

Keunggulan yang menjadi pembeda dengan produk sejenis harus bisa membuat brand atau merek kita muncul di benak target pasar tujuan. Saat ini banyak bidang usaha yang menawarkan produk serupa dengan konsep berbeda.

Hal ini berkaitan juga dengan product knowledge, kenali dulu produk atau jasa sebelum memasarkannya. Saat mengetahui betul manfaat dari suatu produk misalnya, kita akan lebih mudah untuk menawarkannya kepada target pasar.

2. Pilih satu target pasar spesifik
Fokuslah pada target pasar tertentu. Banyak usaha yang gagal berkembang karena tidak mempunyai fokus pada target pasar yang dibidik. Target pasar sangatlah luas, kita akan kesulitan jika berusaha mengejar semua target pasar dengan selera, keinginan dan kebutuhan yang beragam.

Tentukan satu target pasar yang lebih spesifik untuk mengoptimalkan keunggulan produk dan memenangkan persaingan pasar. Misalnya produk fashion baju batik yang akan kita pasarkan membidik kalangan remaja wanita dengan status ekonomi menengah ke atas. Optimalkan kualitas produk (bahan, motif dan model) sesuai dengan selera, kebutuhan dan keinginan mereka. Harga sedikit lebih tinggi tidak masalah, asalkan kualitasnya baik.

Mungkin beberapa pengusaha mengklaim produknya bisa digunakan oleh semua kalangan, namun ini tentunya terlalu luas. Semua kalangan bisa berarti mulai dari anak-anak sampai dewasa, kalangan status ekonomi bawah sampai atas. Tidak semua produk anak-anak cocok untuk kalangan dewasa, begitu pula sebaliknya. Bidik target pasar yang lebih spesifik lagi, fokus pada satu kalangan saja agar bisa mengoptimalkan keunggulan produknya dan mampu memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen yang dituju.

Strategi promosi yang dijalankan pun bisa disesuaikan dengan target pasar spesifik yang dituju. Saat memperkenalkan merek dari produk kita, pesan bisnis harus bisa menjangkau mereka. Pesan yang jelas meliputi karakteristik produk yang ditawarkan dan alasan mengapa konsumen harus memilikinya.

3. Kenali pangsa pasar
Pahami betul karakter, selera, kesukaan, kebutuhan dan keinginan target pasar di lapangan untuk memenangkan persaingan pasar. Sobat muslimpreneur bisa melakukan survey pasar terlebih dahulu untuk mengenali pangsa pasar yang hendak dibidik. Lebih mudah lagi jika sebelumnya kita sudah mengenali target pasar yang dituju.

Jika pangsa pasar kita adalah ibu rumah tangga, maka kenali segala kebutuhan yang diperlukan oleh ibu rumah tangga. Misalnya produk yang ditawarkan adalah alat untuk memasak, maka harus disesuaikan alat masak seperti apa yang diinginan dan dibutuhan oleh ibu rumah tangga yang menjadi target pasar.

Penentuan harga juga bisa lebih mudah ketika kita sudah mengenali pasar tujuan. Jika ibu rumah tangga, tawarkan produk bermanfaat dengan harga terjangkau tanpa mengurangi kualitasnya. Bisa juga menawarkan produk dengan kemasan kecil harga terjangkau, daripada kemasan besar dengan harga yang lebih mahal.

4. Utamakan target pasar yang terjangkau
Utamakanlah taget pasar yang lebih mudah untuk dijangkau, seperti konsumen lokal misalnya. Sebelum melakukan perluasan jangkauan pasar secara nasional maupun internasional. Dengan demikian keuntungan bisa lebih besar karena ongkos transportasi atau distribusi bisa lebih rendah.

Internet memang bisa memudahkan para pengusaha untuk menjangkau pasar seluas mungkin dengan cara yang terbilang mudah dan murah. Namun sebaiknya sabar menunggu sampai pasar lokal bisa dikuasai terlebih dahulu.

Semoga tips ini bisa dipraktekkan dan mendatangkan keuntungan maksimal bagi bisnis yang sobat muslimpreneur jalankan saat ini. Salam sukses dua dunia :)

*dikutip dari berbagai sumber

0 Response to "4 Cara Membidik Target Pasar Potensial yang Tepat untuk Bisnis Anda"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Jam Tangan Couple