PROMO JANUARI 2017

9 Kiat Sukses Bob Sadino dalam Berbisnis Bagi Pemula

Salah satu pengusaha dan motivator tenar indonesia ini memang sudah tiada, namun wejangan strategi bisnisnya (ala Bob Sadino) yang tergolong nyeleneh berhasil menginspirasi para calon pebisnis dan pebisnis lainnya. Bambang Mustari Sadino yang biasa dikenal dengan panggilan Bob Sadino atau Om bob adalah sosok panutan bagi para pebisnis.

9 Kiat Sukses Bob Sadino dalam Berbisnis Bagi Pemula lisubisnis.com bisnis muslim

Om Bob tidak langsung sukses, banyak usaha yang telah dirintisnya. Jatuh bangun sudah biasa, untung rugi sudah pasti, maju mundur dialami. Beliau terus bangkit setiap kali terpuruk.

Bukan hanya karena kesuksesannya sebagai pengusaha atau tampilan nyentriknya saja, tapi ajaran beliau yang selalu membuat siapapun termotivasi. Banyak yang mengikuti jejaknya sebagai pengusaha. Meskipun beberapa tips dari beliau terdengar kasar dan membuat beberapa kalangan mengerutkan dahi, kita ambil saja hikmahnya.

1. Coba melangkah, realisasikan ide, jangan perhitungan, lakukan saja
Bob Sadino sempat menjalani bisnisnya tanpa tujuan jelas. Ia tidak fokus merancang dan menetapkan target bisnisnya seperti kebanyakan pengusaha yang lain. Ia melakukan hal yang diinginkannya. Baginya target atau tujuan hanya menjadi batas yang menghalangi seseorang untuk meraih pencapaian yang lebih tinggi lagi.

Ide hanya sebatas konsep di dalam kepala jika tidak diwujudkan. Hilangkan mental block seperti ketidaktahuan, takut gagal, malu, modal kecil dan lain sebagainya. Segera wujudkan ide kita, mulai dari langkah kecil untuk melangkah lebih jauh. Ide-ide kecil yang terlaksana lebih baik, daripada ide besar yang diungkapkan tanpa direalisasikan.

Bicara bisnis, kita bicara uang. Tapi sebagai seorang pengusaha, jangan banyak-banyak perhitungan. Usaha adalah tentang melakukan hal yang harus dilakukan. Cepat lakukan dengan sumber daya yang ada. Optimis dalam melangkah dan jauhkan rasa takut.

Kelemahan orang adalah terlalu banyak berpikir dan membuat rencana tanpa bertindak dan segera melangkah. Padahal tindakan merupakan hal yang penting. Jangan takut rugi, lakukan saja, keuntungan pasti mengikuti.

2. Tidak menekankan rencana, mengalir saja, jangan fokus itung untung rugi
Baginya rencana hanya untuk orang-rang yang mempelajari ilmu manajemen. Rencana itu racun, bencana karena dalam bisnis tidak berlaku hal yang lurus atau runut saja. Beliau berhenti bekerja dari sebuah perusahaan pelayaran untuk jadi pengusaha peternak ayam, tanpa rencana.

Ada yang menyebutkan bisnis beternak ayamnya disarankan oleh teman, setelah sebelumnya frustasi karena gaji sebagai tukang batu 100 rupiah per hari tidaklah cukup untuk hidup sehari-hari.

Tidak salah untuk melakukan perhitungan pengeluaran dan pemasukan sehingga mengetahui omzet. Tapi jangan sampai terlalu fokus di sana, sampai menjadi takut rugi dan gagal. Banyak hitung-hitungan di awal bisa jadi membuat takut untuk memulai. Perhitungan matang boleh dilakukan, tapi segera ambil keputusan dan wujudkan.

3. Hidup sederhana, dermawan dengan bekerja keras dan cerdas
Bob Sadino merupakan sosok yang sederhana. Kekayaannya tidak membuat muncul kesombongan dan keangkuhan, dia menyebut dirinya pengengguran. Dia ekspor ribuan ton produk ke Jepang, punya supermarket, punya ribuan orang yang bekerja padanya. Mau melakukan apa lagi? Jadi beliau ‘nganggur’.

Sebelum ‘nganggur’ beliau bekerja secara keras dan cerdas. Kerja cerdas membuat kerja keras menghasilkan hal produktif, efisien dan optimal.

Sukses tidak datang dari diri sendiri, tentu banyak orang-orang di sekitar kita yang berkontribusi dalam kesuksesan kita. Om Bob menekankan untuk berprilaku baik kepada orang lain dan berbagi dengan sesama.

4. Jadi diri sendiri dan bermimpi besar
Jangan takut dikatakan aneh atau gila oleh orang lain. Mengaplikasikan jurus ATM (amati tiru modifikasi) perlu dicoba, tapi jangan sampai tidak menjadi diri sendiri.

Bermimpilah sebesar mungkin. Hidup berawal dari mimpi. Ciptakan impian besar, bangun dan realisasikan. Jadikan sebagai motivasi agar ada usaha untuk mewujudkannya. Terkadang motivasi muncul dari mimpi. Jika mimpi kita 1000%, setidaknya kita bisa mencapai 500%.

5. Berani mencoba, ciptakan produk berkualitas
Hambatan berhasil dilaluinya, ketika beliau menjual telur ayam negeri di tengah populernya bisnis telur ayam kampung saat itu. Intinya adalah berani mencoba, jangan takut.

Jangan buat produk murah berkualitas jelek. Kualitas menentukan kemajuan dan kemunduran suatu bisnis. Jangan buat konsumen kecewa agar merek kita tidak hancur di suatu hari nanti.

6. Jalani bisnis dari bawah dan jangan setengah-setengah
Beliau sebenarnya anak dari orang kaya, warisan dari orang tuanya bisa digunakan untuk berkeliling dunia dalam rangka mencari pengalaman. Setelah sembilan tahun di Belanda dan menikah, beliau kembali ke Indonesia. Usaha walnya dalah menjadi supir pribadi, kuli batu hingga peternak ayam negeri. Awalnya telur ayam negeri yang beliau tawarkan ke calon konsumen ditolak mentah-mentah.

Lakukan bisnis dengan fokus dan komitmen, semangat dan jangan setengah-setengah. Jika belum sukses dengan bisnis sebelumnya, jangan dulu memulai bisnis yang lain, selesaikan dulu sampai tuntas. Begitu kata Om Bob, terserah mau diikuti atau tidak sarannya.

Bisnis baru bisa membuat fokus terpecah, hasil tidak akan maksimal, kerugian ganda dan hutang menumpuk. Coba sukseskan satu bisnis sampai mendapatkan profit, baru buka bisnis lainnya.

7. Kuliah untuk mencari tahu, jadi pengusaha biar bahagia
Baginya teori hanya informasi kadaluarsa. Kuliah hanya kesia-siaan. Kuliah seperti memasukkan sampah ke otak. Bagaimana? Kasar dan keras bukan. Hehe. Mahasiswa IPK tinggi jadi karyawan saja, kalau IPK rendah akan ditolak perusahaan dan terpaksa membuka usaha sendiri. Itu kata beliau. Perkataannya ini berdasarkan pengalamannya terjun langsung di dunia bisnis.

Pernyataannya yang menggemparkan di suatu seminar dengan peserta kebanyakan berstatus karyawan, “Jika ingin sukses, jangan jadi karyawan”. Yang jelas bahagia atau sukses bagi setiap orang berbeda kadarnya. Bagi Om Bob, menjadi pengusaha berpeluang besar berpenghasilan tinggi, dan ini jadi salah satu faktor kebahagiaan.

8. Jadi pengusaha yang siap gagal, sukses butuh proses
Bob sadino menganggap kegagalan dan kerugian harus dicari dan dijemput. Katanya, orang biasa melakukan usaha pasti untuk mencari keuntungan. Kalau mau berhasil harus mengalami gagal sebanyak mungkin, karena keberhasilan ada di puncak gunung kegagalan.

Sukses tidak bisa didapatkan secara instan. Kalaupun ada, beresiko lenyap dengan cara instan juga. Perlu pengorbanan besar sejak memulai dan ketika menjalankan bisnis. Jangan terlena dengan gembar gembor sukses dengan cepat. Anggap kerugian sebagai hal positif, kita bisa memperbaiki hal yang salah penyebab kegagalan tersebut untuk perbaikan sehingga memperoleh keuntungan.

9. Libatkan Sang Pencipta
Percayalah segala sesuatu sudah ada yang mengatur, maka libatkan Allah SWT dalam setiap keputusan dan langkah yang diambil. Berdoalah agar sesuai dengan yang kita kehendaki. Manusia hanya berusaha dengan jalan yang baik, serahkan hasilnya pada yang di atas.

*dikutip dari berbagai sumber

0 Response to "9 Kiat Sukses Bob Sadino dalam Berbisnis Bagi Pemula"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Jam Tangan Couple