PROMO JANUARI 2017

Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal dan Menguntungkan

Memulai bisnis itu mudah, terutama bisnis online yang hampir tanpa modal sama sekali. Kecanggihan perangkat untuk mengakses internet, seperti gadget dan laptop, ditambah layanan internet yang semakin baik telah membuat siapapun bisa dengan mudahnya membuka usaha. Ada yang menjadikannya bisnis utama, ada juga yang sekedar untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal dan Menguntungkan www.lisubisnis.com

Apa saja yang harus disiapkan untuk memulai bisnis online yang menguntungkan dengan modal minim? Kamu minimal harus mempunyai gadget yang bisa mengakses internet, laptop, dan rekening bank. Hanya itu saja, kamu bisa mulai untuk berbisnis.

Masih ada saja yang bingung untuk memulai bisnis online, padahal langkah-langkahnya sudah jelas. Di sini saya akan coba paparkan secara ringkas.

1. Tentukan produk atau jasa yang akan dijual
Setelah punya tekad dan kemauan, kamu tinggal cari sesuatu untuk dijual secara online. Banyak cara untuk mendapatkan inspirasi tentang hal ini. Kalau dijelaskan di sini tidak akan cukup. Contohnya saja kamu bisa meminta rekomendasi dari teman atau kenalan seorang pebisnis. Cara gampangnya bisa cari produk yang banyak dibeli oleh orang-orang di internet, di market place seperti tokopedia atau bukalapak.

Semacam survey kecil-kecilan untuk mencari produk yang banyak diinginkan atau dibutuhkan oleh orang banyak. Akan sulit untuk awal-awal jika menjual produk yang belum ada permintaannya, misalkan produk baru yang berkualitas bagus tetapi belum dikenal banyak orang. Perlu kemampuan pemasaran yang baik serta biaya promosi yang tidak sedikit. Oleh karena itu lebih mudah untuk menjual produk yang sudah jelas ada permintaannya.

2. Produksi sendiri atau menjualkan produk orang lain
Setelah produk ditentukan, misalnya kamu memilih jilbab untuk dijual secara online karena permintaannya yang sedang tinggi saat ini. Tinggal memilih apakah produksi sendiri atau mengambil dari suplier (produsen). Saya sarankan untuk mengambil produk dari suplier, karena akan lebih mudah jika dibandingkan harus memproduksi sendiri.

Cari suplier atau produsen yang memiliki produk bagus dan terpercaya. Saat ini, lewat internet, kamu bisa menemukannya dengan mudah. Pilih yang paling cocok dari segi kualitas produk, pelayanan, perjanjian kerja sama dan lain sebagainya. Kalau perlu coba beli dulu produknya untuk lebih meyakinkan.

Tentukan apakah akan membeli beberapa produk untuk stok atau menjadi reseller dropship. Disarankan memilih sistem dropship jika belum memiliki cukup modal untuk membeli produk sebagai stok. Di samping tidak perlu membeli produk terlebih dahulu, sistem ini lebih minim resiko kerugiannya.

3. Tentukan media jualannya
Setelah perlengkapan bisnis siap, produk untuk dijual sudah ditentukan, kemudian tinggal menentukan media jualannya. Ada beberapa alternatif, bisa dengan membuka toko online memanfaatkan media sosial seperti Fanpage Facebook, Instagram, dan Line@. Membuka website atau toko online di market place seperti bukalapak, tokopedia, dan OLX.

Pilih beberapa media jualan yang paling kamu senangi atau kuasai dan memang sedang bagus untuk dipakai sebagai tempat berjualan. Kamu bisa fokus berjualan di dua media saja seperti di Instagram dan tokopedia. Dengan begitu tidak akan menguras banyak tenaga untuk mengelola banyak media promosi.

4. Lakukan promosi
Siapkan materi promosi seperti foto produk, informasi produk dan pesan penawaran. Senjata berjualan secara online, salah satunya adalah foto produk yang bagus dan menarik disertai penawaran produk yang menggiurkan.

Agar produk bisa dikenal oleh target pasar dan toko online banyak pengunjungnya, tentu promosi adalah hal yang harus dilakukan. Tanpa pengunjung, transaksi jual beli tidak akan terjadi. Banyak sekali cara untuk berpromosi lewat media online. Misalnya dengan memanfaatkan fitur Facebook Ads, Google Ads, atau Instagram Ads. Media sosial pribadi pun bisa dipakai untuk berpromosi. Memasang iklan di akun media sosial yang memiliki jumlah followers banyak atau memakai jasa paid promote publik figur (endorse).

Maksimalkan berbagai cara untuk berpromosi, tentunya disesuaikan dengan budget yang tersedia. Jika dilakukan dengan serius, yakinlah pundi-pundi rupiah bisa kamu dapatkan lewat bisnis online. Seringlah membaca artikel atau buku panduan untuk sukses berjualan online. Bisnis bicara tentang belajar, buka bisnismu dan teruslah belajar.

0 Response to "Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal dan Menguntungkan"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Jam Tangan Couple