PROMO JANUARI 2017

Cara Mudah Beriklan di Instagram dengan Instagram Ads Sponsored

Tepat pada 30 September 2015, media sosial Instagram yang kini dimiliki oleh Facebook Inc. mengumumkan bahwa para pengiklan sudah bisa menggunakan Instagram Ads. Sebelumnya untuk kenyamanan pengguna, Instagram memutuskan untuk tidak mengeluarkan fasilitas beriklan.

Tepat pada 30 Sept 2015, media sosial Instagram yang dimiliki oleh Facebook Inc mengumumkan bahwa para pengiklan sudah bisa menggunakan Instagram Ads. Sebelumnya untuk kenyamanan pengguna, Instagram tidak mengeluarkan fasilitas untuk beriklan.     Mungkin masih banyak sobat muslim yang ingin beriklan di Instagram, tetapi masih belum mengerti langkah-langkahnya. Berikut ini cara mudah beriklan di Instagram dengan Instagram Ads Sponsored.  Langkah 1 Masuk ke akun Facebook. Aktifkan Business Manager (BM) lewat https://business.facebook.com.  Buka BM dan klik tab business settings dan kemudian pilih menu Instagram Accounts untuk menambahkan akun IG.  Langkah 2 Klik ‘claim new Instagram account’. Hal ini berguna untuk menginput akun Instagram agar tercantum dalam Business Manager Facebook. Fitur ini tergolong baru, jadi beberapa akun harus menunggu beberapa saat untuk mendapatkannya.  Langkah 3 Login ke akun Instagram. Assign-kan (limpahkan wewenang) IG Account itu ke Ad Account yang sudah dibuat/klaim di BM. Akun sudah siap untuk digunakan beriklan di Instagram. Di dalam Assign Ad Accounts, pilih ad account yang diinginkan, kemudian ‘tempelkan’ dengan akun Instagram.  Langkah 4 Setelah melakukan klaim terhadap akun Instagram, sistem akan mengarahkan kembali ke tampilan awal Business Manager. Klik tab Manage Ads.  Buka Power Editor (PE) di dalam Ad Account yang sudah diberi wewenang untuk mengiklankan IG tadi, di menu Ad Account, pilih Ad Account-nya, dan pilih “view ad account in power editor”. Selanjutnya, klik ikon folder  yang terdapat di sebelah kiri lalu klik tombol Create Campaign.  Langkah 5 Ada 3 Objective (jenis iklan facebook) yang bisa digunakan untuk membuat IG Ads.   1. Click to Website (CTW) Membuat orang yang melihat iklan untuk mengunjungi website kita.Jenis iklan semisal CTW memungkinkan tampilan seperti foto, jadi memungkinkan interaksi seperti foto atau video yang biasa diupload di IG.  Tambahannya dengan CTW, ada opsi Call To Action (CTA) semisal tombol ‘shop now’, ‘sign up’ dan lain-lain. Lebih menarik appearance iklannya.   Mulailah dengan membuat Campaign, lalu Ad Set dan Ads. Tiga tingkatan berurut kebawah merupakan Campaign, Ads Set dan Ads. Sobat muslim bisa menargetkan penempatan iklan di Newsfeed IG dipilihan Ad set, artinya klik di bagian Ad Set dan edit.  Di bagian Ads, edit dan pilihlah IG Account yang sebelumnya ditambahkan ke dalam BM. Pilih juga salah satu fanpage yang kamu miliki. Lengkapi link dan foto untuk bahan iklan.  2. Mobile Apps Installs Membuat orang menginstall  aplikasi.  3. Video Views Membuat orang menonton video yang diiklankan.  Langkah 6 Masukkan nama campaign dan pilih satu dari 3 Objective iklan. Selanjutnya, klik tombol Create. Kemudian tinggal membuat Ad set dan Ads untuk iklan  Langkah 7 Klik ikon folder, lalu lalu klik Create Ad Set. Tentukan nama Ad setnya, kemudian klik ikon pensil di sebelah pojok kanan.   Langkah 8 Setelah itu, kita dapat mengatur target Audience, Budget, dan Schedule dari iklan yang dipasang. Kita harus klik Placement Instagram.  Langkah 9 Selanjutnya, atur tab Ads. Pada Placement, klik ikon Instagram yang berada di paling bawah.Kemudian, klik tombol Create Ad dan tentukan nama dari Ad. Pada tab ini kita akan mengatur akun page dan akun Instagram yang akan terkoneksi ke iklan kita.  Masukkan link website yang diinginkan dan deskripsi singkat tentang iklan. Ubah tulisan untuk Call to Action sesuai keinginan.  Langkah 10 Sekarang iklan sudah siap. Klik Upload Changes di PE.  Perhatian: • IG Ads memenuhi peraturan iklan Facebook, di antaranya luas porsi teks di dalam gambar tidak boleh lebih dari 20% total area gambar. • Sediakan gambar yang bukan merupakan hasil gabungan gambar beberapa produk (bagi online shop), karena ini tidak memenuhi kriteria IG Ads, dan berakibat iklan not approved. • Setelah selesai dan diupload di Power Editor, kita dapat mengubahnya di Ad Account, di Ads Manager yang ada di BM. • Bisa menghemat budget karena tidak lagi bergantung kepada paid promote akun besar yang mahal.  Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kemajuan bisnis sobat muslim, terutama yang memanfaatkan Instagram sebagai media utama untuk pemasaran. Salam sukses dua dunia :)

Mungkin masih banyak di antara sobat muslim yang ingin beriklan di Instagram, tetapi masih belum mengerti langkah-langkahnya. Berikut ini cara mudah beriklan di Instagram dengan fasilitas Instagram Ads Sponsored.

Langkah 1
Masuk ke akun Facebook. Aktifkan Business Manager (BM) lewat business.facebook.com.
Buka BM dan klik tab business settings dan kemudian pilih menu Instagram Accounts untuk menambahkan akun IG.

Langkah 2
Klik ‘claim new Instagram account’. Hal ini berguna untuk menginput akun Instagram agar tercantum dalam Business Manager Facebook. Fitur ini tergolong baru, jadi beberapa akun harus menunggu beberapa saat untuk mendapatkannya.

Langkah 3
Login ke akun Instagram. Assign-kan (limpahkan wewenang) IG Account itu ke Ad Account yang sudah dibuat/klaim di BM. Akun sudah siap untuk digunakan beriklan di Instagram. Di dalam Assign Ad Accounts, pilih ad account yang diinginkan, kemudian ‘tempelkan’ dengan akun Instagram.

Langkah 4
Setelah melakukan klaim terhadap akun Instagram, sistem akan mengarahkan kembali ke tampilan awal Business Manager. Klik tab Manage Ads.

Buka Power Editor (PE) di dalam Ad Account yang sudah diberi wewenang untuk mengiklankan IG tadi, di menu Ad Account, pilih Ad Account-nya, dan pilih “view ad account in power editor”. Selanjutnya, klik ikon folder  yang terdapat di sebelah kiri lalu klik tombol Create Campaign.

Langkah 5
Ada 3 Objective (jenis iklan facebook) yang bisa digunakan untuk membuat IG Ads. 

1. Click to Website (CTW)
Membuat orang yang melihat iklan untuk mengunjungi website kita.Jenis iklan semisal CTW memungkinkan tampilan seperti foto, jadi memungkinkan interaksi seperti foto atau video yang biasa diupload di IG.

Tambahannya dengan CTW, ada opsi Call To Action (CTA) semisal tombol ‘shop now’, ‘sign up’ dan lain-lain. Lebih menarik appearance iklannya. 

Mulailah dengan membuat Campaign, lalu Ad Set dan Ads. Tiga tingkatan berurut kebawah merupakan Campaign, Ads Set dan Ads. Sobat muslim bisa menargetkan penempatan iklan di Newsfeed IG dipilihan Ad set, artinya klik di bagian Ad Set dan edit.

Di bagian Ads, edit dan pilihlah IG Account yang sebelumnya ditambahkan ke dalam BM. Pilih juga salah satu fanpage yang kamu miliki. Lengkapi link dan foto untuk bahan iklan.

2. Mobile Apps Installs
Membuat orang menginstall  aplikasi.

3. Video Views
Membuat orang menonton video yang diiklankan.

Langkah 6
Masukkan nama campaign dan pilih satu dari 3 Objective iklan. Selanjutnya, klik tombol Create. Kemudian tinggal membuat Ad set dan Ads untuk iklan

Langkah 7
Klik ikon folder, lalu lalu klik Create Ad Set. Tentukan nama Ad setnya, kemudian klik ikon pensil di sebelah pojok kanan. 

Langkah 8
Setelah itu, kita dapat mengatur target Audience, Budget, dan Schedule dari iklan yang dipasang. Kita harus klik Placement Instagram.

Langkah 9
Selanjutnya, atur tab Ads. Pada Placement, klik ikon Instagram yang berada di paling bawah.Kemudian, klik tombol Create Ad dan tentukan nama dari Ad. Pada tab ini kita akan mengatur akun page dan akun Instagram yang akan terkoneksi ke iklan kita.

Masukkan link website yang diinginkan dan deskripsi singkat tentang iklan. Ubah tulisan untuk Call to Action sesuai keinginan.

Langkah 10
Sekarang iklan sudah siap. Klik Upload Changes di PE.

Perhatian:
  • IG Ads memenuhi peraturan iklan Facebook, di antaranya luas porsi teks di dalam gambar tidak boleh lebih dari 20% total area gambar.
  • Sediakan gambar yang bukan merupakan hasil gabungan gambar beberapa produk (bagi online shop), karena ini tidak memenuhi kriteria IG Ads, dan berakibat iklan not approved.
  • Setelah selesai dan diupload di Power Editor, kita dapat mengubahnya di Ad Account, di Ads Manager yang ada di BM.
  • Bisa menghemat budget karena tidak lagi bergantung kepada paid promote akun besar yang mahal.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kemajuan bisnis sobat muslim, terutama yang memanfaatkan Instagram sebagai media utama untuk pemasaran. Salam sukses dua dunia :)

1 Response to "Cara Mudah Beriklan di Instagram dengan Instagram Ads Sponsored"

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Jam Tangan Couple