PROMO JANUARI 2017

11 Widget Penting yang Sebaiknya Harus Ada di Blog

Widget menjadi fasilitas yang membuat blog atau website terlihat hidup. Banyak widget yang menarik, tetapi ada beberapa widget penting yang sebaiknya harus ada di blog sobat muslim.

Widget Penting yang Sebaiknya Harus Ada di Blog

Widget ini biasanya dipasang di sidebar atau post area. Posisi pemasangan widget tidak hanya memperhitungkan tampilan semata, tapi yang lebih penting adalah fungsinya. Berikut ini adalah beberapa widget penting tersebut.

1. Search engine atau kotak penelusuran
Widget ini sangat penting untuk mencari kata kunci yang ada di blog kita. Pengunjung akan dengan mudah menemukan artikel atau konten yang dibutuhkan dengan mencarinya lewat kotak pencarian.

2. Recent post
Widget ini menampilkan artikel terbaru. Meski di halaman utama menampilkan beberapa postingan terbaru, ada kalanya pengunjung tidak datang langsung lewat halaman utama. Di sini recent post menjadi sangat penting.

3. Recent comment.
Widget yang menampilkan komentar-komentar terbaru dari blog. Dengan melihat banyak komentar dari orang lain, tentu akan menarik pengunjung untuk membaca artikel dan ikut berkomentar.

4. Related Post
Widget yang menampilkan tulisan-tulisan terkait dengan tulisan yang sedang dibaca. Bisa mempermudah pembaca untuk mendapatkan ilmu atau bacaan yang sesuai dan mendatangkan banyak page view.

5. Categories atau Label
Pembaca dapat mencari konten berdasarkan kategori yang sudah ada di blog. Pengunjung yang ingin mendapatkan informasi khusus bisa mendapatkan beberapa artikel melalui label tertentu.

6. Komunitas blog
Widget-widget sebagai media untuk membentuk komunitas blog, misalanya google friend connect, fan page dan lain-lain. Fungsinya adalah membentuk komunitas yang ramai dan mempermudah pengunjung berlangganan feed blog kita.

7. Blog Archive
Widget yang menampilkan jumlah postingan blog dalam hitungan hari atau bulan. Widget ini mempermudah pembaca dalam melakukan penulusuran.

8. Situs jejaring sosial
Widget yang menampilkan jejaring sosial yang kita ikuti, misalnya twitter update. Blog akan selalu terlihat up to date dan ada pemiliknya yang bisa dihubungi.

9. Google badge
Pengunjung bisa mengikuti kita di Google+ hanya dengan meng-klik follow di google badge yang kita pasang di blog.

10. Button share
Widget ini adalah satu widget yang akan bisa menyebarkan tulisan kita ke jejaring sosial atau bookmarking. Tulisan kita akan mudah menyebar dengan dibagikan ke twitter atau facebook. Ini menjadi ajang promosi blog dan bisa mendatangkan banyak pengunjung.

11. Subscribe Via Email atau berlangganan artikel
Kita perlu menyediakan fasilitas berlangganan artikel. Dengan adanya fasilitas ini, pembaca dapat dengan mudah berlangganan artikel lewat email. Ketika berlangganan artikel, mereka akan mendapatkan pemberitahuan setiap kali ada tulisan terbaru di blog sobat muslim. Untuk menambahkan fasilitas berlangganan artikel, kita dapat menggunakan layanan Feedburner.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk sobat muslim yang memiliki blog. Apalagi agar blog yang dikelola bisa menghasilkan uang dengan mendatangkan pengunjung yang banyak. Salam sukses dua dunia :)

2 Responses to "11 Widget Penting yang Sebaiknya Harus Ada di Blog"

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Jam Tangan Couple