PROMO JANUARI 2017

3 Cara Mudah dan Tepat untuk Menentukan Harga Jual Produk atau Jasa

Setiap pebisnis harus menentukan harga jual produk sebagai nilai tukarnya, sebelum produk atau jasa siap untuk diedarkan ke pasaran. Penentuan harga yang tepat menjadi salah satu strategi untuk membuat produk laku keras di pasaran.

3cara-tepat-menentukan-harga-jual-produk-lisucorplisubisnis

Salah satu cara meningkatkan daya beli konsumen terhadap produk adalah menetapkan harga jual yang bersaing, tetapi tidak membuat kita mengalami kerugian. Ada 3 cara untuk menentukan harga jual produk yang tepat yang dibahas dalam artikel ini.

1. Metode Harga Biaya Plus
Tentukan harga jual produk dengan cara menambahkan keuntungan yang diinginkan ke harga produksi, lalu dibagi dengan jumlah barang yang dihasilkan. 

Bisa juga dengan menghitung harga pokok produksi (HPP) terlebih dahulu agar diketahui harga dasar dari setiap unit produk. Kemudian menambahkannya dengan persentase keuntungan yang diinginkan, apakah 20%, 30% dan seterusnya.

Dengan cara ini, kita sudah bisa mengetahui keuntungan yang akan didapatkan, sehingga tidak perlu ragu saat melakukan transaksi jual-beli.

2. Metode Pasar atau Pesaing
Lakukan penelitian pada pasar yang akan dimasuki. Ketahui berapa harga jual pesaing dengan produk yang serupa. Lalu kita dapat melakukan perhitungan dan penetapan harga jual produk dengan tepat, apakah akan mengikuti harga yang sama dengan pesaing, lebih rendah atau lebih tinggi. 

Tapi, selalu pastikan tidak merugi saat menetapkan harga jual dengan metode ini. Sebenarnya melakukan perhitungan harga dasar produk sesuai metode yang pertama perlu dilakukan terlebih dulu. Sebagai patokan agar menghindari kerugian.

3. Multiple Unit Pricing Method
Jika menawarkan beragam jenis produk, penentuan harga jual bisa dilakukan dengan metode multiple unit pricing.

Multiple Unit Pricing adalah cara menjual dengan memberlakukan harga lebih murah jika konsumen membeli lebih dari 1 produk. Pengetahuan akan harga dasar atau harga produksi juga sangat penting sebelum menentukan harga jual dengan metode ini.

Ada juga beberapa produk atau jasa tertentu yang penentuan harga jualnya ‘semau’ sang pemilik. Hal ini dikarenakan kemampuannya dalam menambahkan nilai jual produk, kualitas produk yang benar-benar sangat bagus, kelangkaan (jumlahnya sedikit), menargetkan pasar yang spesifik dan memposisikan merek secara unik di benak konsumen (faktor gengsi).

Demikian beberapa cara untuk menetapkan harga jual produk. Semoga bermanfaat bagi sobat muslim yang akan meluncurkan produk atau jasa baru. Salam sukses dua dunia :)

0 Response to "3 Cara Mudah dan Tepat untuk Menentukan Harga Jual Produk atau Jasa"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Jam Tangan Couple