PROMO JANUARI 2017

3 Langkah Mudah Menyusun Rencana Bisnis Bagi Pemula

Salah satu langkah yang harus ditempuh ketika akan memulai suatu bisnis adalah menyusun rencana bisnis. Business Plan (Rencana bisnis) adalah penjelasan tertulis mengenai hal yang akan sobat muslim lakukan untuk bisnismu di masa yang akan datang. Segala hal yang sobat muslim rencanakan beserta cara melakukannya tertulis dengan rinci di dalam rencana bisnis.

Langkah Mudah Menyusun Rencana Bisnis
Rencana bisnis
Berikut ini adalah 3 langkah mudah dalam menyusun rencana bisnis.

1. Konsep Bisnis
Konsep bisnis menentukan kelangsungan bisnis yang akan dijalankan. Di dalam konsep bisnis, Sobat muslim harus menjelaskan mengenai beberapa hal, yaitu:
  • Jenis usaha yang akan dibuat. Menentukan bidang usaha yang sobat muslim minati, misalkan kuliner, fashion, jasa transportasi, dan lain sebagainya.
  • Struktur usaha tersebut. Menyusun struktur usaha yang akan dijalankan seperti kemitraan, alur dari produksi sampai distribusi, dan sebagainya.
  • Produk atau layanan yang akan dijual. Berkaitan dengan jenis udaha yang dipilih, maka produk harus sesuai. Disarankan sobat muslim fokus dulu di satu produk atau layanan yang paling diunggulkan.
  • Rencana untuk membuat bisnis ini berhasil. Meliputi strategi dari berbagai aspek, seperti strategi keuangan, produksi, pemasaran dan distribusi.
Cobalah untuk menjabarkan konsep bisnis kamu secara rinci.

2. Analisa Pasar
Langkah selanjutnya adalah menjelaskan dan menganalisa target pasar yang dituju, yaitu:
  • Siapa yang akan menjadi konsumen.
  • Tempat mereka berada.
  • Cara menjual produk atau jasa kepada mereka.
  • Alasan yang akan membuat mereka membeli atau menggunakannya.
Selain itu harus dianalisis tingkat persaingan dengan kompetitor sehingga sobat muslim bisa merancang strategi agar bisa memenangkan persaingan.

3. Analisa Keuangan
Langkah terakhir yang cukup krusial adalah menjelaskan estimasi omset yang akan diperoleh, arus kas, neraca keuangan dan estimasi waktu yang dibutuhkan sampai biaya pengeluaran dan pemasukan seimbang. Hal ini bisa meminimalisasi terjadinya kerugian pada bisnis yang dijalankan.

Demikian artikel mengenai 3 langkah mudah dalam menyusun rencana bisnis. Semoga bermanfaat bagi sobat muslim yang akan terjun ke dunia usaha. Salam sukses dua dunia :)

0 Response to "3 Langkah Mudah Menyusun Rencana Bisnis Bagi Pemula"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Jam Tangan Couple