PROMO JANUARI 2017

6 Cara Meningkatkan Followers Akun Instagram Toko Online dengan Cepat

6 Cara Meningkatkan Followers Akun Instagram Toko Online dengan Cepat
Tingkatkan Followers Akun Instagram

Salah satu faktor pemicu sukses berjualan di Instagram adalah jumlah followers yang dimiliki oleh akun online shop kita. Semakin banyak followers, tentu semakin bagus karena produk/jasa yang ditawarkan bisa menjangkau lebih banyak target pasar.

Ada banyak tips cara meningkatkan followers akun Instagram toko online dengan cepat. Sobat muslim bisa memfollow orang lain sambil berharap di-follback, memasang iklan di akun media pemasaran online lainnya, bahkan cara terakhir yang tidak saya rekomendasikan seperti membeli followers aktif atau pasif.

Penulis akan merangkum cara ‘alami’ untuk menambah followers akun Instagram toko online. Cara ini mungkin akan sedikit lama, namun banyak keuntungannya seperti followers adalah akun aktif dan sesuai dengan target pasar.

Berikut ini 6 cara meningkatkan jumlah followers akun Instagram toko online sobat muslim.

1. Follow dan follback
Cara yang sering digunakan oleh banyak toko online, yaitu mem-follow akun yang menjadi target pasar dan meminta mereka untuk mem-follback. Jika beruntung, maka mereka akan mem-follback akun Instagram kita dengan sendirinya.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, jangan sembarangan mem-follow akun orang lain. Kita harus menentukan kriteria suatu akun yang disesuaikan dengan produk yang ditawarkan.

Ada contohnya akun toko online @jamtangancouple.wanita yang khusus menawarkan produk jam tangan couple dan jam tangan wanita. Akun ini mem-follow akun dengan kriteria pemilik akun sudah memiliki pasangan, berjenis kelamin wanita usia 17-30 tahun, aktif di Instagram, pengikut akun selebriti, dan pengikut akun toko online yang juga menjual jam tangan.

Dengan demikian sobat muslim bisa mem-follow akun yang menjadi target pasar. Peluang di-follback dan produk dilirik oleh konsumen sangat besar.

Ingat, jangan mem-follow akun lain dalam jumlah banyak sekaligus. Bisa-bisa akun kita di banned oleh Instagram. Follow maksimal 20 akun untuk setiap jamnya.

2. Bio atau profil menarik
Tampilan bio Instagram harus menarik dan memuat informasi yang lengkap. Profil harus berisi kata kunci yang sesuai dan isinya menjawab pertanyaan berikut: Apa nama toko onlinenya? Produk apa saja dan kelebihan yang ditawarkan? Kelebihan toko online? Cara pemesanan disertai kontak? Jam buka dan lokasi toko online?

Jika bio dibiarkan seadanya, maka konsumen akan berpikir dua kali untuk mem-follow akun kita dan bahkan tidak tertarik melihat-lihat produk yang dijual.

Sertakan foto profil atau avatar yang sesuai dengan toko online kita. Bisa dipasang foto produk atau logo toko online. Dengan demikian orang lain bisa langsung tahu apa yang kita tawarkan ke mereka.

3. Konten berkualitas dan hastag akurat
Jangan memposting konten berupa foto produk yang terlihat jelek. Buatlah foto produk sebagus dan semenarik mungkin agar konsumen tertarik untuk melihat-lihat. Jika konsumen merasa produk bagus dan tertarik untuk membeli, tentu akun kita akan difollow.

Contohnya apabila menjual produk makanan, maka foto makanan yang ditampilkan harus terlihat enak, menarik dan menggiurkan. Sobat muslim bisa memakai kamera beresolusi tinggi untuk memoto produk dan melakukan teknik foto khusus agar hasilnya bagus. Cara praktis bisa dengan menyewa jasa fotografer profesional.

Lakukan post secara rutin, misalkan sehari dua kali. Jangan posting langsung 10 post dalam rentang waktu berdekatan. Berikan jeda atara setiap postingan agar followers tidak merasa terganggu. Jadwalkan post di jam-jam optimal seperti jam 12-13 siang dan jam 5 sore-11 malam. Dengan begitu postingan kita berkesempatan dilihat oleh banyak orang.

Sekali-kali postinglah foto atau video yang tidak berisi konten promosi, seperti foto/video kata-kata bijak, kata-kata mutiara, kata-kata motivasi, testimoni, foto lucu, produk siap kirim dan lain sebagainya. Intinya postingan yang berguna, informatif, lucu, dan menghibur.

Jangan lupa untuk setiap postingan sertakan hastag # yang akurat sesuai produk yang ditawarkan. Hastag yang tepat dan populer membantu orang lain untuk menemukan akun toko online kita. Harus diperhatikan setiap postingan hanya bisa memuat 30 hastag. Dengan demikian followers akan datang dengan sendirinya.

4. Promosikan akun toko online
Sobat muslim bisa mempromosikan akun dan produk yang dijual melalui jasa iklan di Instagram. Pilihlah akun Instagram yang real dan banyak followers-nya seperti akun selebritis, akun lucu/humor, atau akun yang followersnya sesuai dengan target pasar kita.

Bisa juga melakukan promosi silang. Promosikan akun toko online melalui akun media sosial lainnya, seperti akun Facebook dan Twitter. Jangan lupa untuk setiap postingan di-link ke akun meda sosial lainnya.

5. Like dan comment
Sobat muslim bisa me-like dan memberikan komentar atas postingan dari akun orang lain yang menjadi target pasar kita. Tinggalkan jejak promosi juga di akun-akun yang memiliki banyak followers.

Ingat jangan me-like lebih dari 20 postingan untuk setiap jamnya. Selain itu berikan komentar sewajarnya agar tidak dianggap sebagai spam yang mengganggu.

6. Buat kontes dan promo menarik
Sobat muslim bisa membuat suatu kontes/lomba dan penawaran promosi yang menarik. Misalkan kontes like terbanyak berhadiah dan diskon 50% berjangka waktu.

Efeknya cukup luar biasa menambah banyak followers karena bisa menimbulkan viral otomatis. Tunggu followers datang dengan sendirinya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah jumlah followers akun toko online sobat muslim dengan drastis. Dengan demikian omset penjualan bisa terus meningkat. Slam sukses dua dunia :)

0 Response to "6 Cara Meningkatkan Followers Akun Instagram Toko Online dengan Cepat"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Jam Tangan Couple