PROMO JANUARI 2017

Cara Cepat Melunasi Hutang Riba dengan Sedekah dalam Islam

Berhutang adalah perbuatan yang sangat tidak dianjurkan dan sebisa mungkin dihindari, walaupun diperbolehkan menurut Islam. Saya rasa hampir semua orang pernah berhutang atau memiliki utang, bahkan mengambil hutang riba karena kondisi terpaksa. Kemudian mengalami kesulitan untuk melunasi atau membayar hutang riba dengan cepat sesuai syariat Islam.

Agar dimudahkan melunasi hutang kita harus berdoa (doa terlilit hutang/terlepas dari hutang) dan bertekad untuk melunasi hutang dengan bekerja keras. Itulah solusi terlilit hutang, Insya Allah pertolongan Allah melunasi hutang akan datang dan menjadi jalan keluar terlilit hutang.

Hukum membayar hutang adalah wajib. Bahkan bagi orang yang sudah meninggal, hutang-hutangnya harus segera dilunasi oleh ahli waris. Status orang yang masih berutang itu akan menggantung sampai hutangnya lunas.

CaraCepatMembayarHutangRibadenganSedekahdalamIslam-lisubisnis.blogspot.co.id-bisnismuslim
Hutang riba adalah dosa besar

Mungkin sobat muslim pernah atau sedang mengalami beberapa kasus berikut ini. Kredit rumah yang pada prakteknya sering ditemui unsur ribawi. Akad kredit dengan bank untuk modal usaha atau untuk berhaji yang ternyata termasuk dosa riba.

Terjerat hutang riba dan hutang dari kartu kredit yang sampai belasan jumlahnya. Terlilit hutang riba yang besarannya tidak main-main, mulai dari jutaan hingga ratusan juta rupiah.

Seringkali pengusaha mengembangkan usahanya dengan meminjam uang ke bank dengan alasan sulit mencari sumber modal. Praktek riba yang ada di dalamnya tentu saja berakibat dosa besar. Ada 70 pintu dosa riba, dosanya lebih berat dari dosa zina, bahkan dosa riba yang paling ringan dosanya seperti memperkosa ibu kandung sendiri.

Dana yang bersumber dari bank bukanlah jalan satu-satunya untuk mendapatkan modal. Kita bisa meminjam uang ke saudara, sahabat atau kenalan yang mapan secara ekonomi. Modal dari warisan, menjual aset seperti kendaraan, rumah atau tanah. Bisa dari arisan, modal patungan atau menjalankan uang pemodal (investor).

Kita juga jangan terpaku bahwa modal itu hanya berbentuk uang saja. Maksimalkan potensi dari dalam diri kita sebagai modal utama dalam berbisnis. Banyak bisnis yang tidak memerlukan modal besar untuk memulai dan menjalankannya.

Hutang biasa atau hutang riba membuat hidup tidak tentram dan tenang, karena dihantui hutang yang terus menumpuk dan dikejar-kejar oleh debt collector. Punya mobil mewah, rumah megah, dan harta kekayaan lainnya dari hasil riba tidak akan membawa berkah dan ketenangan dalam hidup.

Pertolongan akan datang kepada mereka yang bertekad untuk melunasi hutangnnya, walaupun sedang tidak memiliki harta. Sebaliknya Allah SWT mengancam orang yang suka menunda-nunda atau tidak melunasi hutangnya, padahal memiliki harta dan mampu untuk melunasinya.

Baca juga:
Pertolongan Allah Kepada Orang yang Berhutang

Hutang bisa menyebabkan pelakunya berdusta. Seperti janji untuk melunasi besok, lusa, bulan depan. Padahal itu hanyalah jawaban bohong dan dia sama sekali tidak berniat untuk melunasinya.

Ini solusinya

Taubat dari riba. Mengakui bahwa berhutang dengan unsur riba di dalamnya merupakan perilaku dosa besar. Bertekad tidak akan meminjam uang lagi dengan cara riba. Harus segera melunasi dan setidaknya bertekad untuk tidak memperparah bunganya.

Harus memperbanyak meminta ampun dengan tulus ikhlas. Seringlah beristigfar untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. Istigfar merupakan salah satu cara untuk membuka pintu rezeki dan pembuka jalan agar terbebas dari hutang, terutama hutang riba.

Jual semua barang berharga hasil riba untuk melunasi hutang riba tersebut. Ada seorang sobat muslim yang punya pengalaman setelah melunasi hutang riba dan kartu kredit dengan menjual semua harta benda yang dimilikinya. Tidak lama kemudian dia mendapat panggilan untuk bekerja di luar negeri. Kehidupannya lantas menjadi lebih baik dari sebelumnya, terutama secara ekonomi.

Jangan ragu untuk menjual aset dan harta benda hasil dari riba. Jika kita bertekad dengan sungguh-sungguh untuk membayar hutang, pasti Allah SWT akan membukakan jalan seperti contoh kasus di atas.

Pinjam uang ke orang lain untuk melunasi hutang riba. Sobat muslim yang terjerat hutang riba bisa meminjam ke saudara, kerabat, sahabat atau orang lain yang mampu secara ekonomi untuk segera melunasi hutang riba. Lebih baik berhutang tanpa unsur riba untuk terbebas dari jeratan dosa besar tersebut.

Lebih giat untuk bekerja mencari uang halal. Allah SWT akan mengganti dengan yang lebih baik dan membuka jalan keluar bagi mereka yang mau bekerja keras. Mereka yang berusaha memberikan nafkah halal bagi keluarga, pasti akan diberi pertolongan untuk melunasi hutang.

Rajin berinfaq dan sedekah. Ada juga beberapa kasus orang yang terlilit hutang riba, kemudian menyedekahkan seluruh harta benda yang dihasilkan dari uang riba tersebut. Tidak disangka-sangka pertolongan Allah SWT datang dengan cepat.

Rajinlah bersedekah, karena dengan bersedekah maka rezeki lancar dan kita akan kaya. Allah SWT juga telah berjanji akan menghapus dosa, pahala yang berlipat-lipat, dijauhkan dari siksa api neraka bagi mereka yang gemar bersedekah.

Berdoa serta hidup sederhana dan qana’ah. Perbanyaklah berdoa sesuai yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Seperti doa untuk tidak terlilit hutang dan doa agar terbebas dari hutang meskipun sebesar gunung. Sobat muslim bisa mencari referensi doa-doa tersebut dari sumber yang lain.

Hiduplah sederhana saat terjerat hutang sehingga pengeluaran akan diprioritaskan untuk melunasi hutang. Harus merasa cukup dan senantiasa bersyukur dengan rezeki yang sudah Allah SWT berikan kepada kita.

Semoga penjelasan di artikel Cara Cepat Membayar Hutang Riba dengan Sedekah dalam Islam ini bisa bermanfaat bagi sobat muslim semuanya. Mari berusaha dan berdoa agar kita tidak terjerumus ke dalam lilitan hutang riba agar mendapatkan keselamatan di dunia maupun di akhirat.

Bagi yang sudah terlanjur menghadapi masalah ini, semoga Allah SWT lekas memberikan jalan keluarnya. Silahkan bagi yang ingin mengoreksi tulisan ini atau memberikan masukan/saran bisa sampaikan di kolom komentar. Penulis juga masih belajar untuk semakin lebih baik lagi. Salam sukses dua dunia :) Silahkan share jika artikel ini bermanfaat

Sumber: rumaysho.com, sumber lain

6 Responses to "Cara Cepat Melunasi Hutang Riba dengan Sedekah dalam Islam"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. Bagi Anda yang saat ini bermasalah dengan hutang (kredit macet) dan secara hitungan logika Anda tidak mungkin bisa terbayar, percayalah, tidak ada masalah tanpa solusi. Apalagi jika Anda ingin hijrah, tidak ingin lagi hutang riba, pasti ada jalan keluarnya. InsyaAllah masalah hutang menjadi 'kecil' setelah Anda membaca buku Bebas Hutang Cara TAIICHII.
    klik tautan ini : http://buku.bebashutang.org/?id=berkahfinansial

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Jam Tangan Couple