PROMO JANUARI 2017

Hijab Halal dan Strategi Promosi

Baru kali ini saya menemukan hijab bersertifikat halal MUI. Kita tahu bahwa barang konsumsi seperti produk makanan, minuman atau obat-obatan saja yang biasanya berlabel halal MUI. Pada dasarnya tidak perlu ada sertifikasi halal untuk barang bersifat ‘gunaan’ yang tidak dikonsumsi, seperti jilbab dan baju.

Disebutkan bahwa ‘hijab halal’ karena proses pencucian kainnya menggunakan emulfisier berbahan alami dari tumbuhan, bukan berbahan gelatin babi. Kendalanya bagaimana cara untuk mendeteksi kalau proses pencucian suatu ‘kain’ menggunakan emulsifier gelatin babi atau tidak?

Strategi promosi hijab halal zoya
Iklan kontroversi Hijab Halal Zoya

Perhatian utama seharusnya pada model pakaian atau hijabnya, sudah syar’i atau belum. Namun, di sini penulis tidak fokus membahas hal di atas, namun lebih ke unsur trik promosi yang ada di balik semua ini.

“YAKIN HIJAB YANG KITA GUNAKAN HALAL?” Begitulah pesan promosi di sebuah billboard yang mengundang kontroversi. Bahkan di sudut bawah dipasang logo halal MUI yang mencolok. Persepsi sebagian orang mungkin seperti ini, “Jadi haram dong hijab lain yang tidak ada sertifikat halalnya?” Padahal bukan berarti ‘sesuatu’ itu haram hanya karena tidak punya sertifikat MUI.

Banyak ko produk makanan yang sebenarnya halal tetapi belum bersertifikat halal MUI. Opini saya, bisa dibilang sertifikat halal MUI sebagai formalitas saja untuk membantu produsen agar lebih meyakinkan dan menenangkan konsumen. Saya punya dua analisa sederhana untuk kasus ini, mari disimak.

Analisa pertama, ini merupakan sengaja bagian dari strategi pemasaran perusahaan. Berita viral berkonten kontroversi adalah salah satu sarana promosi yang jitu. Netizen Indonesia saya lihat paling antusias terhadap berbagai berita atau hal berbau kontroversi. Salah satunya adalah iklan kerudung yang diluncurkan perusahaan ini. Iklan yang sedikit nyeleneh ini telah menuai perhatian dan kontroversi dari netizen.

Reaksi terhadap berita ini berupa share, comment, sampai membuat ulasannya (seperti penulis). Skenarionya orang-orang yang penasaran mencari tahu lebih jauh tentang kasus ini, berkunjung ke website-nya, melihat-lihat produknya, ada yang tertarik lalu membeli. Seringkali media konvensional mengangkat berita dari isu yang sedang heboh di dunia maya. Bagi suatu perusahaan, tentu ini sangat menguntungkan karena banyak orang yang akan mengetahui produknya. Mirip-mirip kasus selebriti untuk menaikkan pamornya.

Analisa kedua, ini murni strategi promosi tanpa bermaksud menuai kontroversi. Suatu produk harus punya positioning agar berbeda dengan pesaingnya. Perusahaan mungkin berniat agar menjadi pioneer kerudung bersertifikat halal pertama di Indonesia. Sesuai slogan yang diusungnya “Cantik.Nyaman.Halal”.

Bagaimana menurut pembaca? Share dan comment di komentar ya :)

0 Response to "Hijab Halal dan Strategi Promosi"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Jam Tangan Couple