PROMO JANUARI 2017

4 Pilihan Model Usaha untuk Pemula

4 Pilihan Model Usaha untuk Pemula
Model usaha untuk pemula

Seringkali seseorang terjebak kebingungan dalam menentukan model usaha yang tepat. Model usaha yang paling sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Berikut ini akan dijelaskan secara singkat 4 kategori model usaha yang bisa sobat muslim pilih untuk berbisnis. Semoga bisa mengatasi kebingungan dalam memilih model usaha yang sesuai dengan minat dan keahlian.

1. Memproduksi barang (Creator)
Creator menciptakan sebuah produk yang berpotensi untuk dipasarkan atau dibutuhkan oleh pasar. Bisa juga disebut sebagai produsen yang lebih fokus pada aktivitas pembuatan produk.

Contohnya memproduksi aneka macam kue kering bagi yang memiliki hobi dan keahlian di bidang pembuatan kue. Membuat televisi memanfaatkan barang elektronik bekas karena memiliki keahlian untuk merakitnya. Atau membuka tempat makan bagi yang memiliki hobi dan keahlian dalam memasak.

Sobat muslim yang memilih model bisnis ini bisa bekerja sama dengan pihak lain sebagai pemasar atau agen. Sehingga bisa fokus untuk melakukan produksi dan pengembangan produk.

2. Memberikan pelayanan jasa (Consumer service)
Merupakan model usaha yang memberikan layanan jasa kepada konsumen. Seperti membuka bisnis jasa laundry, jasa pengetikan, jasa pengiriman, jasa bimbingan belajar, jasa layanan transportasi dan lain sebagainya.

3. Menjual produk (Product sales)
Sobat muslim bisa berperan sebagai pemasar atau distributor produk yang dibutuhkan oleh konsumen. Model bisnis ini banyak dicari karena modal dan resikonya tidak terlalu besar serta keuntungannya cukup menjanjikan.

Sebelum menjadi distributor, mula-mula sobat muslim bisa menjadi reseller atau agen pemasar produk pelaku Usaha Kecil Menengah yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Apabila respon pasar bagus, sobat muslim bisa mempertimbangkan untuk menjadi distributor utama dalam lingkup wilayah tertentu.

4. Memenuhi kebutuhan pelaku bisnis (Business service)
Selain menyasar konsumen akhir, sobat muslim bisa memberikan pelayanan untuk para pengusaha lainnya.

Misalnya membuka bisnis penyedia kemasan, menjual bumbu bubuk, menjual jasa kantong kertas untuk toko online, menyediakan bahan bahu mentah, jasa pengiriman barang, dan sebagainya.

Semoga artikel ini bisa membantu untuk sobat muslim dalam menentukan bisnis yang sesuai. Salam sukses dua dunia :)

Sumber:WMM dengan penyesuaian penulis

2 Responses to "4 Pilihan Model Usaha untuk Pemula"

  1. kalau ada situs yang mengahruskan membernya membayar, masuk kategori bisnis online yang mana ya ?

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Jam Tangan Couple