PROMO JANUARI 2017

6 Perbedaan Orang Sukses dan Orang Gagal

Sukses adalah pencapaian yang diinginkan oleh setiap orang. Makna sukses bagi sobat muslim mungkin saja berbeda dengan orang lain. Tapi kita sepakat sukses selalu bernuansa positif.

Sebaliknya kegagalan hampir tidak diinginkan oleh semua orang, tapi setiap orang saya yakin pernah mengalaminya dengan tidak sengaja. Kita ingin jadi orang sukses, bukan orang gagal. Kamu tahu, bisa saja saat ini kita sesungguhnya berada dalam posisi sebagai orang gagal.

Bagaimana cara mengetahui bahwa kita berada di jalan orang sukses atau orang gagal? Berikut 6 perbedaan antara orang sukses dengan orang gagal yang penulis kengembangan dari postingan Inspirasi Kehidupan.

1. Tentang ide vs Tentang orang lain
6 Perbedaan Orang Sukses dan Orang Gagal
Tentang ide vs Tentang orang lain
Orang suskes lebih berminat untuk membicarakan mengenai ide dan gagasan yang dimilikinya. Bisa juga mengenai ide orang lain yang menurutnya keren. Dia terobsesi untuk mewujudkan idenya agar bisa bermanfaat bagi orang banyak.

Orang gagal suka membicarakan orang lain. Rasa keingintahuan yang teramat besar tentang kehidupan yang dijalani orang lain bisa menjadi bumerang bagi diri sendiri. Tentu saja kebanyakan yang dibahas tentang orang lain biasanya adalah hal yang bersifat negatif. Saran saya kurangi membicarkan orang lain, kecuali hal yang dibicarakan adalah sisi positif dari orang tersebut untuk menjadikan motivasi bagi banyak orang.

2. Belajar hal baru vs Merasa tahu segala hal
6 Perbedaan Orang Sukses dan Orang Gagal
Belajar hal baru vs Merasa tahu segala hal
Orang sukses cenderung merasa hal yang selama ini diketahuinya itu belumlah cukup. Dia ingin terus mempelajari serta menemukan hal baru untuk mengembangkan kompetensi dan mengasah kemampuan diri. Inilah hal yang membuatnya bisa terus maju.

Orang gagal beranggapan mereka sudah tahu segala hal, padahal sebenarnya tidak demikian. Akibatnya timbul rasa malas untuk mempelajari hal-hal baru. Inilah yang membuat mereka terus tertinggal dari orang lain.

3. Kritikan dengan solusi vs Kritikan tanpa solusi
6 Perbedaan Orang Sukses dan Orang Gagal
Kritikan dengan solusi vs Kritikan tanpa solusi
Orang sukses akan memberikan kritikan dan solusi yang logis untuk setiap masalah. Dia ingin orang yang dikritik bisa lebih baik lagi melalui solusi yang diberikannya.

Sedangkan orang gagal cenderung berkritik tanpa solusi dan malah menyudutkan pihak yang dikritik. Mereka merasa senang jika orang lain terlihat lemah dan terpojok.

4. Membantu orang lain vs Menjatuhkan orang lain
6 Perbedaan Orang Sukses dan Orang Gagal
Membantu orang lain vs Menjatuhkan orang lain
Orang sukses akan bersama-sama meraih kemenangan dan saling bantu dengan orang lain. Dia yakin bahwa kesuksesan bisa dicapai dengan lebih mudah bila dilakukan bersama-sama. Saling bantu dengan orang lain untuk meraih impian yang dicita-citakan.

Orang gagal cenderung meraih kemenangan dengan cara menjatuhkan orang lain. Hal yang dipikirkannya adalah bagaimana cara menang dengan mengalahkan orang lain, padahal ada peluang itu bisa dilakukan bersama-sama.

5. Gagal karena diri sendiri vs Gagal karena orang lain
6 Perbedaan Orang Sukses dan Orang Gagal
Gagal karena diri sendiri vs Gagal karena orang lain
Orang sukses akan menyadari bahwa kegagalan yang terjadi seringkali berasal dari dalam diri mereka sendiri.  Mereka bersedia mengakui kesalahan dan terus mengintrospeksi diri sendiri.

Berbeda dengan orang gagal yang memandang bahwa orang lain patut disalahkan atas kegagalan yang menimpa dirinya. Dia tidak mau mencari kesalahan yng dilakukan dan tidak berusaha mengintrospeksi diri sendiri.

6. Pemaaf vs Pendendam
6 Perbedaan Orang Sukses dan Orang Gagal
Pemaaf vs Pendendam
Orang sukses akan berbesar hati untuk memaafkan kesalahan yang diperbuat oleh orang lain. Meski sangat berat, mereka dengan tulus memaafkan orang yang melakukan kesalahan dan menyakiti dirinya.

Orang gagal terus menyimpan dendam dan tidak mau membuka hati untuk memaafkan orang lain. Ini merupakan penyakit hati yang harus dihindari oleh kita. Percayalah bahwa sifat pendendam hanya akan menyakiti diri sendiri dan membuat hidup tidak tentram.

Bagaimana sobat muslim, jangan sampai memiliki ciri orang gagal ya. Jika salah satunya ada pada diri kamu, segera berubahlah jadi orang sukses. Salam sukses dua dunia :)

0 Response to "6 Perbedaan Orang Sukses dan Orang Gagal"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Jam Tangan Couple